Pemerintah Belum Tetapkan Harga Vaksinasi Booster Mandiri

×

Pemerintah Belum Tetapkan Harga Vaksinasi Booster Mandiri

Bagikan berita
Vaksin Covid-19 (Halonusa.com)
Vaksin Covid-19 (Halonusa.com)

HALONUSA.COM - Pemerintah Republik Indonesia masih belum menentukan tarif yang diberlakukan untuk vaksinasi booster mandiri.

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmidzi yang menyatakan pemerintah belum memutuskan tarif vaksin Covid-19 dosis ketiga nonprogram pemerintah.

"Informasi harga vaksin booster yang beredar saat ini adalah tarif di luar negeri," katanya, Rabu (05/01/2022).

Menurutnya, saat ini untuk harga vaksinasi booster di Indonesia masih dalam proses penetapan harga harus melibatkan berbagai pihak seperti Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Belum ada biaya resmi yang telah ditetapkan oleh pemerintah,“ lanjutnya.

Selain itu, jenis dan dosis vaksin yang akan diberikan masih menunggu konfirmasi dan rekomendasi dari ITAGI dan studi riset booster yang sedang berjalan serta sesuai dengan persetujuan izin edar atau Emergency Use Authorization (EUA) dari BPOM.

Diketahui, pemberian vaksinasi booster akan diprioritaskan bagi tenaga kesehatan, Lansia, peserta PBI dan kelompok komorbid dengan immunocompromised.

Untuk vaksinasi non-program pemerintah atau mandiri, akan dibiayai oleh perorangan atau badan usaha dan dilakukan di RS BUMN, RS Swasta, maupun klinik swasta

Meskipun begitu, pemerintah tetap memberikan vaksinasi gratis dalam program pemerintah bagi Lansia, peserta BPJS Kesehatan kelompok PBI, dan kelompok rentan lainnya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini