6 Pahlawan Asal Sumatera Barat

×

6 Pahlawan Asal Sumatera Barat

Bagikan berita
foto Bung Hatta|Buya Hamka
foto Bung Hatta|Buya Hamka

HALONUSA.COM - Hari Pahlawan akan kembali dikenang pada 10 November 2021 mendatang. Untuk mengingat jasa pahlawan yang telah berkorban demi kemerdekaan, kita harus mengetahui deretan pahlawan.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang pahlawan yang berasal dari Sumatera Barat yang ikut berkorban demi kemerdekaan.

Berikut daftar enam pahlawan Sumatera Barat yang harus diketahui :

1. Mohammad Hatta

Bung Hatta lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902 dan wafat di Jakarta pada 14 Maret 1980. Bung Hatta adalah pejuang kemerdekaan Indonesia, konseptor Pancasila dan UUD 1945 sekaligus proklamator kemerdekaan Republik Indonesia bersama Bung Karno.

Bung Hatta ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Kepres Nomor 84/TK/Tahun 2012 tanggal 7 November 2012. Sebelumnya, Presiden Soeharto menetapkan sebagai pahlawan proklamator melalui Kepres No. 081/TK/Tahun 1986.

2. Buya Hamka

Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) lahir di Nagari Sungai Batang, tepi Danau Maninjau, Agam pada 17 Februari 1908. Buya Hamka adalah ulama besar, pendidik, sastrawan dan pejuang kemerdekaan. Hamka adalah putra ulama besar Minangkabau Syekh Dr. Abdul Karim Amrullah. Selama hidup ia menulis 94 buku, termasuk Tafsir Al Azhar.

Buya Hamka wafat di RS Pertamina, Jakarta bertepatan dengan 22 Ramadan 1401 H, dalam usia 73 tahun 5 bulan. Buya dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta. Pada 2011, Presiden SBY mengangkat Buya Hamka sebagai pahlawan.

3. Sutan Sjahrir

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini