Makna Penting dari Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021

Ă—

Makna Penting dari Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021

Bagikan berita
Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda

Kesadaran akan satu bangsa dapat diwujudkan dengan perasaan dan sikap kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. Perilaku bangga sebagai bangsa Indonesia dapat dilakukan dengan cara menjunjung nama baik bangsa dan negara.

Tak hanya itu, bisa juga dilakukan dengan meningkatkan nama baik Indonesia melalui perbuatan–perbuatan nyata di masyarakat, serta menggunakan produk dalam negeri.

Satu Bahasa

Makna satu bahasa Indonesia adalah bahwa bahasa yang dapat mempersatukan bangsa, yaitu bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi alat komunikasi antarsuku di Indonesia.

Bahasa Indonesia menjadi bahasa yang dijadikan sebagai bahasa pengantar pendidikan, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Bahasa Indonesia menunjukkan jati diri bangsa Indonensia.

Untuk mewujudkan makna satu bahasa Indonesia, setiap warga diharapkan dapat menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar dalam setiap kegiatan, baik di lingkungan masyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Nilai-nilai luhur dalam Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda sebagai hasil Konggres Pemuda II diperjuangkan oleh para pemuda menjadi tonggak lahirnya semangat persatuan dan kesatuan di kalangan pemuda Indonesia.

Hal itu untuk menyatukan tekad meraih kemerdekaan melalui semangat satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Perjuangan dan pemuda Indonesia dalam melaksanakan konggres pemuda mengandung nilai-nilai luhur yang harus dilestarikan serta diamalkan. Nilai-nilai luhur yang terdapat dalam semangat sumpah pemuda, antara lain:

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini