Makna Penting dari Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021

×

Makna Penting dari Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021

Bagikan berita
Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda

HALONUSA.COM - Peringatan hari Sumpah pemuda 28 Oktober 2021 adalah momen bagi pemuda Indonesia untuk kembali berikrar demi bangsa Indonesia.

Hari Peringatan Sumpah pemuda 28 Oktober 2021 tidak hanya sekedar berikrar terhadap Nusa, Bangsa dan Negara.

Ada hal yang lebih dari itu. Yaitu bagaimana memaknai Peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 itu sendiri.

Berikut adalah makna dari Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021.

Sumpah Pemuda merupakan titik tolak munculnya kesadaran akan pentingnya persatuan dan kesatuan dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Sumpah Pemuda mengikrarkan kepada bangsa Indonesia untuk menjunjung tinggi perasaan dan sikap tentang satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa.

Janji dalam Sumpah Pemuda tersebut membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terutama para anak muda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia.

Sumpah Pemuda memiliki cerita sejarah dan tujuan yang sakral bagi bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda dan pemudi Indonesia dalam menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan negara asing.

Sejarah tersebut yang membuat Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober. Hari spesial dan bersejarah di mana para pemuda dan pemudi menggelorakan semangat untuk meraih kemerdekaan pada 1928.

Di sisi lain, dalam isi Sumpah Pemuda terdapat kandungan makna yang dalam bagi bangsa Indonesia. Itulah mengapa perlunya setiap warga Indonesia mengetahui makna dan arti penting dari Sumpah Pemuda.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini