Dinyatakan Turun Level, Padang Tetap Laksanakan PPKM Level 3

×

Dinyatakan Turun Level, Padang Tetap Laksanakan PPKM Level 3

Bagikan berita
Kepala BKPSDM Pemko Padang, Arfian
Kepala BKPSDM Pemko Padang, Arfian

HALONUSA.COM - Meskipun telah dinyatakan bisa melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2, Pemerintah Kota Padang tetap akan melaksanakan PPKM level 3 hingga tanggal (18/10/2021).

"Ya, kami sudah mendapatkan kabar bahwa dalam rapat evaluasi Menko menyebutkan Kota Padang sudah bisa turun level," kata Penjabat (Pj) Sekda Kota Padang, Arfian.

Meskipun begitu, Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kota Padang tetap akan melaksanakan PPKM level 3 hingga waktu yang telah ditentukan.

"Kami akan tetap melaksanakan PPKM level 3 sampai tanggal 18 mendatang. Kalau diumumkan level 2, kita akan laksanakan sampai periode selanjutnya," lanjutnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal yang ikut rapat bersama Menko Bidang Perekonomian mengatakan, Airlangga menyatakan pemberlakuan PPKM di luar Pulau Jawa dan Bali.

“Tadi memang diumumkan oleh Menko Perekonomian Airlangga bahwa PPKM di Padang sudah level dua dalam evaluasi rutin. Cuma kita tunggu resminya lewat instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri), tindak lanjutnya itu,” ujarnya.

Dalam rapat yang dihadiri oleh sejumlah Pemerintah Provinsi dan Satgas Covid-19 di luar Jawa dan Bali itu dijelaskan, penurunan level ditetapkan karena sejumlah indikator yang dinilai sudah membaik. Terutama capaian vaksinasi di Kota Padang yang semakin meningkat.

“Vaksinnya sudah mulai bagus, sebetulnya yang lainnya juga bagus, positivity rate rendah, tingkat positif covid-19 sedikit, kesembuhan juga di atas 97 persen,” lanjutnya.

Menurutnya, Kota Padang terkendala tidak turun level sebelumnya karena belum mencapai target vaksinasi. Sementara dalam laporan terakhir capaian vaksinasi di Kota Padang sudah mencapai 48,17 persen.

Menurutnya, dari data evaluasi dari pemerintah pusat, tidak ada lagi daerah di Sumbar yang termasuk ke dalam PPKM Level 4. Satu termasuk PPKM level 3 yaitu Kota Solok.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini