Liquid Oksigen Dalam Perjalanan ke Sumbar, Polisi: Belum Temukan Praktik Timbun Oksigen

×

Liquid Oksigen Dalam Perjalanan ke Sumbar, Polisi: Belum Temukan Praktik Timbun Oksigen

Bagikan berita
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto | JNK
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto | JNK

HALONUSA.COM - Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) melakukan penyelidikan terkait minimnya kebutuhan oksigen untuk pasien Covid-19 Sumbar di masing-masing rumah sakit rujukan. Apalagi dengan isu beredar bahwa ada dugaan penimbunan terhadap langkanya oksigen di Kota Padang, sebut Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto kepada Halonusa.com, Kamis (22/7/2021) sore.

"Tim lidik Ditreskrimsus Polda Sumbar menyampaikan belum ditemukan adanya penimbunan," kata Satake Bayu.

Ia menerangkan jika tim Krimsus Polda Sumbar sudah memeriksa lima lokasi atau produsen untuk pengadaan liquid oksigen yang merupakan vendor resmi.

"Salah satu dari produsen juga didapati ternyata terdapat ada yang mengalami kekurangan bahan baku liquid oksigen," ujarnya.

Baca juga: Kemenkes Jamin Kebutuhan Liquid Oxygen, RS Hermina Padang Butuh Oksigen Konsentrator

Meski demikian persoalan ini tetap di kawal walau tadi sudah ada solusi. Sebab saat ini bahan baku liquid oksigen dalam perjalanan yang dikawal PJR Polda Riau ke Sumatera Barat.

"Kita berharap segera lancar sehingga bisa nanti didistribusikan dan tentunya langsung dilakukan pengerjaan pengisian agar tiap rumah sakit yang membutuhkan tidak kekurangan oksigen untuk merawat pasien Covid-19," kata Satake Bayu.

Hanya saja Satake Bayu tidak merinci berapa total jumlah bahan baku liquid oksigen yang sedang dalam perjalanan tersebut. Namun, terangnya jika ada informasi penyampaian kalau Pemprov Riau membantu Pemprov Sumbar dengan mendistribusikan oksigen sebanyak 30 ton.

Oksigen tersebut untuk menambah kapasitas oksigen yang kekurangan di Sumatera Barat dan puluhan ton oksigen dari Riau tersebut merupakan bantuan dari CSR PT. Indah Kiat.

"Tadi ada penyampaian jika Pemprov Riau membantu Pemprov Sumbar dengan mendistribusikan oksigen, tapi coba pastikan kembali ke Jubir Satgas Covid-19 Sumbar berapa ton. Kalau soal liquid oksigen yang kekurangan di tempat kita sudah tuntas dimana bahan bakunya sekarang dalam perjalanan," terang Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto kepada Halonusa.com.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini