Liquid Oksigen Dalam Perjalanan ke Sumbar, Polisi: Belum Temukan Praktik Timbun Oksigen

×

Liquid Oksigen Dalam Perjalanan ke Sumbar, Polisi: Belum Temukan Praktik Timbun Oksigen

Bagikan berita
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto | JNK
Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto | JNK

Baca juga: Sejumlah Rumah Sakit di Padang Kekurangan Oksigen, Polda Sumbar: Selidiki Timbunan

Sebelumnya Direktur RS. Hermina Padang, dr. Nanik Supriani, Kamis siang mengatakan, kebutuhan oksigen di rumah sakit yang ia pimpin menipis. Bahkan kebutuhan oksigen per hari itu sebanyak 100 liter dengan hitungan 60 liter oksigen.

“Kita pun tadi tanya ke rekanan resmi tapi stok sudah habis. Alhamdulillah, tadi sudah dapat dari tempat lain dan hanya 40 tabung dengan harga yang sangat tinggi. Sehingga kita di RS Hermina Padang terpaksa mengambilnya demi merawat pasien Covid-19,” ungkapnya.

Jumlah yang mereka dapatkan tersebut hanya 40 tabung dengan pemenuhan batas sampai Pukul 22.00 WIB malam nanti. Menurut Nanik, bila persediaan bahan baku tidak ada, akan berdampak bagi RS Hermina Padang apalagi untuk kebutuhan berikutnya.

"Kami memang sangat kekurangan sekali," ucap Nanik.

Langkanya untuk mendapatkan oksigen merawat pasien Covid-19 tidak hanya dialami RS Hermina Padang. Hal yang sama juga dirasakan Rumah Sakit Unand, sebut Yevri Zulfikar, Direktur Utama RS. Universitas Andalas kepada Halonusa.com, Kamis (22/7/2021).

Baca juga: Sejumlah Rumah Sakit di Padang Kekurangan Oksigen, Polda Sumbar: Selidiki Timbunan

Rumah Sakit Unand tersebut menghabiskan 250 tabung liquid oksigen per hari untuk merawat sebanyak 84 pasien Covid-19. Ia mengatakan, kalau jumlah itu meningkat dibandingkan sebelumnya, yakni menghabiskan sampai 80 tabung liquid oksigen.

Yevri mengonfirmasi kembali kalau persoalan kekurangan pasokan liquid oksigen sudah ada solusi dari Pemprov Sumbar.

"Alhamdulillah, sudah ada solusi dari pak Wagub Sumbar setelah pertemuan bersama para pimpinan rumah sakit se Sumatera Barat bersama Dinas Kesehatan Sumatera Barat," tukuknya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini