Pentingnya Kawasan Karst, Ini Rahasianya Sobat

×

Pentingnya Kawasan Karst, Ini Rahasianya Sobat

Bagikan berita
Kawasan Karst Sumatera Barat Terancam : Sumber Mongabay
Kawasan Karst Sumatera Barat Terancam : Sumber Mongabay

Akibat eksploitasi yang berlebihan itu membuat kawasan kian terkikis. Sehingga wajar Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy memberikan penekanan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk tidak mengalih fungsikan kegunaannya.

Sebab, tanpa kajian mendalam dapat mengakibatkan penyimpanan air tanah berkurang bilamana terjadi eksploitasi berlebihan. Adapun asumsi secara kajian dari penelitian batuan karst dapat melakukan resapan air yang baik.

Dampak dari penambangan di kawasan karst akan mengakibatkan bencana seperti kekeringan panjang bila musim kemarau dan bencana banjir ketika musim penghujan.

Meskipun demikian, karst memiliki hal secara kearifan lokal, seperti di Toraja. Tebing batuan gamping dapat digunakan sebagai tempa pemakaman.

Pemanfaatan batu gamping itu di Tanah Toraja telah berlangsung sejak berabad-abad lamanya. Nyaris melubangi tebing bukit karst sebagai tempat pemakaman.

Jelas itu ada, di sana ada yang namanya makam batu Lemo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Dari ringkasan ini pula bagi generasi milenial memiliki kewajiban untuk menjaga dan mencintai alam semesta yang telah dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. (tan)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini