Sejarah Situs Cagar Budaya Stasiun Kereta Api Kota Solok di Kota Solok

×

Sejarah Situs Cagar Budaya Stasiun Kereta Api Kota Solok di Kota Solok

Bagikan berita
Stasiun Kereta Api Kota Solok Kota Solok
Stasiun Kereta Api Kota Solok Kota Solok

SEMANGAT DATA - Stasiun Kereta Api Kota Solok menjadi salah satu situs cagar budaya yang ada di Kota Solok, Sumatra Barat (Sumbar).

Stasiun Kereta Api Kota Solok tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatra Barat (Sumbar) dengan nomor inventaris 07/BCB-TB/A/05/2007.

Lokasi Stasiun Kereta Api Kota Solok ini tepatnya berada di Jl. Kartini No. 1 Kampung Jawa Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok Provinsi Sumatera Barat.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: S 00° 47’ 13,8’’ E 100° 39’ 18,8’ dengan ketinggian 394 m dpl (0.7871667 100.6552222*).

Sedangkan secara geografis, situs cagar budaya Stasiun Kereta Api Kota Solok Situs berada dalam bentang lahan datar dengan perumahan penduduk di sekitar lokasi.

Stasiun Kereta Api Kota Solok ini memiliki luas bangunan dengan panjang 32 m x lebar 4,2 m di lahan 504 m2.

Pemilik Stasiun Kereta Api Kota Solok adalah PT. KAI (persero) Divisi Regional II Sumatera Barat, dan dikelola oleh Pengelolaan dibawah PT. KAI (persero) Divisi Regional II Sumatera Barat.

Untuk menuju lokasi dapat menggunakan kendaraan roda empat dan dua. Catatan objek berada tidak jauh dari pusat Kota Solok.

Sejarah atau Historis

Pembangunan  jalur  beserta  stasiun  kereta  api  di  Kota  Solok  ini  tidak terlepas dari upaya pemerintah kolonial Belanda untuk menghubungkan jalur pantai barat Sumatera (Kota Padang khususnya) dengan Sawahlunto yang pada waktu itu merupakan penghasil batubara.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini