Sejarah Situs Cagar Budaya SMP 1 Solok (Eks. HIS) di Kota Solok

×

Sejarah Situs Cagar Budaya SMP 1 Solok (Eks. HIS) di Kota Solok

Bagikan berita
SMP 1 Solok (Eks. HIS) Kota Solok
SMP 1 Solok (Eks. HIS) Kota Solok

Diperkirakan bangunan ini didirikan pada awal tahun 1900-an. Bangunan utama yang masih asli merupakan ruangan guru dan kepala sekolah yang terdapat ditengah-tengah bangunan sekolah.

Secara umum sampai sekarang bangunan ini masih tetap dipertahankan keasliannya oleh pihak sekolah. Salah satu komponen bangunan yang telah dirubah adalah bagian lantai yang sudah dikeramik.

Deskripsi Arkeologis

Bangunan SMPN 1 Solok memiliki denah dasar huruf U dengan orientasi menghadap  utara.  Atap terbuat  dari  seng dengan  kerangka-kerangkanya terbuat dari kayu, atap pada bagian facade berbentuk pelana, sedangkan atap lainnya berbentuk limasan.

Tubuh bangunan terbuat dari gabungan kerangka yang terbuat dari kayu dan dindingnya terbuat dari sasak yang diberi plester. Bangunan lama dari sekolah saat ini telah dikelilingi dengan bangunan baru yang memiliki dua lantai.

Bangunan lama saat ini terdiri dari delapan buah ruangan. Ruang-ruang tersebut saat ini dipergunakan sebagai ruang tata usaha, gudang, ruang kesenian, ruang masak, ruang belajar komputer, ruang wakil kepala sekolah, dan ruang UKS.

Sisi utara dari  bangunan   memiliki  tiga  buah  pintu  dan  empat buah jendela, dan disetiap bukaan tersebut pada bagian atasnya memiliki ventilasi (lubang udara), di sisi barat dan timur masing-masing memiliki enam buah bukaan yang masing-masing terdiri dari dua buah pintu dan empat buah jendela. Bagian lantai saat ini sudah diganti menggunakan lantai keramik.

Fungsi

Fungsi lama dan sekarang adalah sekolah (pendidikan)

Sumber: BPCB Sumbar

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini