Sejarah Situs Cagar Budaya Rumah Tradisional Gajah Maharam di Kota Solok

×

Sejarah Situs Cagar Budaya Rumah Tradisional Gajah Maharam di Kota Solok

Bagikan berita
Rumah Tradisional Gajah Maharam Kota Solok
Rumah Tradisional Gajah Maharam Kota Solok

Rumah ini sekarang sudah tidak dihuni lagi karena bangunannya sudah miring dan hanya dipakai pada saat-saat tertentu, seperti kalau ada keluaraga atau ahli waris dari rumah ini yang meninggal maka akan disemayamkan dulu di tempat ini baru di bawah ke pemakaman.

Secara umum Rumah Tradisional Gajah   Maharam   ini   merupakan   milik   Kaum   Dt.   Bandaharo,   Suku Chaniago.

Deskripsi Arkeologis

Rumah ini terbuat dari bahan kayu, atapnya terbuat dari seng, orientasi rumah menghadap ke arah utara. Rumah Gadang Gajah Maharam memiliki gonjong sebanyak lima buah, empat buah di bagian atap dan sebuah di bagian depan sebagai pelindung tangga masuk rumah.

Bagian tubuh bangunan terbuat dari kayu, dinding bagian utara disetiap bagiannya dipenuhi dengan ukiran-ukiran. Ada lima buah bukaan pada dinding bagian depan, satu diantaranya adalah pintu masuk ke dalam bangunan.

Sisi barat dan timur dindingnya terbuat dari sasak (anyaman bambu) dan bagian singok memiliki ukiran seperti yang terdapat pada sisi utara dari bangunan. Dinding di selatan juga terbuat dari sasak, pada bagian selatan terdapat lorong  yang menghubungkan  bangunan  utama  dengan  bangunan  dapur.

Bangunan dapur berbentuk bujursangkar dengan atap berbentuk limasan. Kondisi  bangunan  sangat  memprihatinkan  sehingga  berbahaya  untuk dinaiki,  oleh  sebab  itu  pengamatan  terhadap  ruang-ruang  di   dalam bangunan sulit untuk dilakukan.

Fungsi

Fungsi lama hunian dan sekarang hanya dipakai pada saat-saat tertentu oleh keluarga atau ahli waris.

Sumber: BPCB Sumbar

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini