Tema, Tujuan dan Sejarah Peringati Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024

×

Tema, Tujuan dan Sejarah Peringati Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024

Bagikan berita
Ilustrasi peringatan hari UMKM internasional bagi pebisnis di seluruh dunia (foto: ideogram AI)
Ilustrasi peringatan hari UMKM internasional bagi pebisnis di seluruh dunia (foto: ideogram AI)

Tujuan Memperingati Hari UMKM Internasional

Tentu saja tujuan memperingati Hari UMKM Internasional adalah agar tercapai Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDGs), sehingga dapat mentranformasi potensi ekonomi yang semakin meningkat.

Salah satu metodenya yaitu penciptaan lapangan kerja, dorong pertumbuhan ekonomi dan soroti peran penting untuk eksplorasi peluang demi kemajuan lebih lanjut serta dukung eksplorasi global.

Dengan terpenuhinya pasokan ekonomi, diharapkan segala konflik dan bencana sampai pandemi tak akan banyak mengganggu fungsinya. Karena itulah, peran pembuat kebijakan yaitu pemerintah sangat penting.

Sejarah Hari UMKM Internasional atau MSMEs Day

Awalnya pada April 2017, PBB sepakat menentukan MSMEs Day tanggal 27 Juni setiap tahunnya agar alokasi tujuan pembangunan tersebut dapat tercapai melalui tingkat kesadaran dan kontribusi luar biasa.

Melihat pertumbuhan UMKM di seluruh dunia yang terus meningkat pesat dan keberadaannya, mampu memberikan banyak keuntungan bagi manusia selama bertahun-tahun lamanya hingga keputusan perayaannya pun disepakati.

Selain memberi apresiasi pada pelaku UMKM, diharapkan peringatan tahunan ini juga mampu mengevaluasi dan menginspirasi kepada calon pelaku UMKM yang baru memulai atau sudah agar dapat lebih bersemangat lagi berinovasi.

Itulah informasi terkait Tema serta Tujuan dan Sejarah Peringati Hari UMKM Internasional yang diselenggarakan tanggal 27 Juni 2024 setiap tahun, berdasarkan rangkuman Halonusa dari berbagai sumber di artikel ini. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini