Tema, Tujuan dan Sejarah Peringati Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024

×

Tema, Tujuan dan Sejarah Peringati Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024

Bagikan berita
Ilustrasi peringatan hari UMKM internasional bagi pebisnis di seluruh dunia (foto: ideogram AI)
Ilustrasi peringatan hari UMKM internasional bagi pebisnis di seluruh dunia (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Hari UMKM (Usaha Mikro Kecil & Menengah) Internasional atau yang dikenal dengan MSMEs Day, diperingati pada tanggal 27 Juni 2024 setiap tahunnya.

Hari UMKM Internasional atau MSMEs Day ini sudah diselenggarakan perayaannya oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), sejak tahun 2017 silam sampai sekarang.

PBB menilai, bahwa perayaan ini diperingati untuk memberi apresiasi kepada pelaku UMKM di seluruh Indonesia karena sudah banyak menyumbang ketersediaan lapangan kerja.

"UMKM telah sumbangkan 90% bisnis dan 60-70% lapangan kerja hingga 50% PDB (Produk Domestik Bruto) dari seluruh dunia," demikian keterangan PBB melansir detik.

Untuk memperingatinya, mari simak tema MSMEs Day 2024 hingga tujuan dirayakan serta sejarah lengkapnya dan ikutlah meramaikan pergelarannya tanggal 27 Juni 2024.

Tema MSMEs Day 2024

'Leveraging Power and Resilience of Micro-, Small and Medium-sized Enterprises to Accelerate Sustainable Development and Eradicate Poverty in Times of Multiple Crises'.

Artinya: 'Leveraging Power and Resilience Usaha Mikro, Kecil dan Menengah untuk Percepatan Pembangunan Berkelanjutan dan Pemberantasan Kemiskinan di Masa Krisis Berkali-kali'.

Atau dapat diartikan sebagai, "Pemanfaatkan kekuatan dan ketangguhan pelaku UMKM dalam percepatan pembangunan berkelanjutan untuk berantas kemiskinan saat krisis melanda."

Melansir Detik, Hari UMKM Internasional diharapkan mampu dalam bertukar pikiran agar alokasi pembuatan kebijakan bisa berkontribusi dalam mencapai tujuan untuk berantas kemiskinan.

Dalam penyelenggaraan kegiatannya, akan ada metode eksplorasi yang mewakili lebih dari 90% pebisnis di seluruh dunia hingga mampu berikan solusi inovatif untuk mendorong pertumbuhan kemakmuran bersama.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini