16 Ruas Tol Sumatera Sudah Beroperasi, Sumbar dan Jambi Ketinggalan, Jadi Kapan Bisa Digunakan?

×

16 Ruas Tol Sumatera Sudah Beroperasi, Sumbar dan Jambi Ketinggalan, Jadi Kapan Bisa Digunakan?

Bagikan berita
Jalan Tol Trans Sumatera. (Foto: Hutama Karya)
Jalan Tol Trans Sumatera. (Foto: Hutama Karya)

Di sepanjang jalan tol ini juga terdapat enam Simpang Susun, yaitu SS Minas, SS Kandis Selatan, SS Kandis Utara, SS Duri Selatan, SS Duri, dan SS Duri Utara.

Salah satu keunikan Tol Pekanbaru - Dumai adalah adanya lima terowongan gajah yang berlokasi di sekitar KM 61, KM 69, KM 71, dan KM 74, dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja.

Terowongan-terowongan ini menjadi bagian penting dari infrastruktur tol untuk memfasilitasi perjalanan yang aman dan efisien bagi pengguna jalan.

9. Jalan Tol Belawan - Medan - Tanjung Morawa (Tol Belmera)

Jalan Tol Belawan - Medan - Tanjung Morawa, atau yang dikenal sebagai Tol Belmera, memiliki panjang 43 kilometer dan terletak di Provinsi Sumatera Utara.

Ruas tol ini dilengkapi dengan 12 gerbang tol, yaitu GT Tanjung Morawa, GT Tanjung Mulia, GT Belawan, GT Bandar Selamat 1 dan 4, GT H. Anif 1 dan 2, GT Mabar 1 dan 2, serta GT Amplas.

Tol Belmera menjadi jalan tol pertama di Pulau Sumatera yang beroperasi secara penuh sejak tahun 1986.

Keberadaannya telah memainkan peran sentral dalam mendukung konektivitas antar-kota besar seperti Medan dan Belawan, serta memfasilitasi arus transportasi dan ekonomi di wilayah Sumatera Utara secara keseluruhan.

10. Jalan Tol Medan - Binjai

Jalan Tol Medan - Binjai, dengan panjang 17 kilometer, terletak di Provinsi Sumatera Utara.

Tol ini terbagi menjadi tiga seksi utama: Seksi I dari Tanjung Mulia ke Helvetia, Seksi II dari Helvetia ke Semayang, dan Seksi III dari Semayang ke Binjai.

Jalan Tol Medan - Binjai telah diresmikan untuk beroperasi secara penuh pada tahun 2021.

Editor : Heru C
Sumber : Kompas.com
Bagikan

Berita Terkait
Terkini