16 Ruas Tol Sumatera Sudah Beroperasi, Sumbar dan Jambi Ketinggalan, Jadi Kapan Bisa Digunakan?

×

16 Ruas Tol Sumatera Sudah Beroperasi, Sumbar dan Jambi Ketinggalan, Jadi Kapan Bisa Digunakan?

Bagikan berita
Jalan Tol Trans Sumatera. (Foto: Hutama Karya)
Jalan Tol Trans Sumatera. (Foto: Hutama Karya)

HALONUSA - Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) merupakan infrastruktur jalan bebas hambatan yang menghubungkan berbagai daerah di Pulau Sumatera.

Proyek ini direncanakan akan membentang dari Lampung di bagian selatan hingga Banda Aceh di bagian utara, memiliki peran vital dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat serta memperlancar distribusi logistik di wilayah Sumatera.

Secara keseluruhan, JTTS direncanakan terdiri dari 24 ruas jalan tol dengan total panjang mencapai 2.704 km.

Saat ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat bahwa sudah ada 16 ruas jalan tol JTTS yang telah beroperasi per Mei 2024.

16 Ruas Jalan Tol Trans Sumatera yang Sudah Beroperasi

1. Jalan Tol Bakauheni - Terbanggi Besar (Tol Bakter)

Salah satu ruas yang sudah beroperasi adalah Tol Bakter (Bangkauni - Terbanggi Besar), sepanjang 140,9 km di Provinsi Lampung.

Tol ini dibagi menjadi empat seksi: Seksi 1 (Bangkauni - Sidumulyo), Seksi 2 (Sidomulyo - Kota Baru), Seksi 3 (Kota Baru - Metro), dan Seksi 4 (Metro - Terbanggi Besar).

Pembangunan Tol Bakter dimulai dengan peletakan batu pertama oleh Presiden Joko Widodo pada 30 April 2015, dan mulai beroperasi penuh pada 8 Maret 2019.

2. Jalan Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung

Ada juga Tol Terbanggi Besar - Kayu Agung, sepanjang 149 km, yang menghubungkan Lampung dengan Sumatera Selatan.

Tol ini terbagi menjadi dua seksi utama: Seksi 1 (Terbanggi Besar - Pematang Panggang) sepanjang 112 km, dan Seksi 2 (Pematang Panggang - Kayu Agung) sepanjang 77 km. Tol ini diresmikan pada tahun 2019.

3. Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung (Tol Kapalbetung)

Jalan Tol Kayu Agung - Palembang - Betung atau Tol Kapalbetung adalah bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) dengan panjang total 111,7 kilometer yang menghubungkan Provinsi Lampung dan Provinsi Sumatera Selatan.

Editor : Heru C
Sumber : Kompas.com
Bagikan

Berita Terkait
Terkini