7 Jenis Pinjaman Buat UMKM dan Cara Pengajuannya

×

7 Jenis Pinjaman Buat UMKM dan Cara Pengajuannya

Bagikan berita
Ilustrasi UMKM (foto: ideogram AI)
Ilustrasi UMKM (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Pada artikel ini, akan dibahas informasi terkait 7 jenis pinjaman buat UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) serta cara pengajuannya.

Di antaranya yaitu Modalku merupakan salah satu pinjaman online (pinjol) yang khusus mewadahi para pengusaha, agar bisnis mereka makin berkembang.

Adapula Gandeng Tangan yang sama seperti Modalku yaitu sejenis Pinjol. Begitu pula dengan Amartha dan Lumbung Dana hingga Mekar, berikutnya ada juga pinjaman UMKM jenis KUR dan Kredit Modal Kerja.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu program pemerintah yang menawarkan pembayaran cicilan bunga ringan, tapi penyalurannya dilakukan oleh berbagai Bank Negeri atau Bank Swasta terpilih.

Sementara Kredit Modal Kerja, merupakan program dari masing-masing pinjaman Bank yang sesuai ketentuan serta aturan pembayaran dari Bank itu sendiri karena bukan bagian dari Pinjol atau pun program pemerintah.

7 Jenis Pinjaman Buat UMKM

1. Modalku

Dalam keterangan situs resminya, pinjol Modalku menyediakan fasilitas pendanaan tanpa jaminan dan bisa dicairkan langsung ke rekening dengan jangka waktu pelunasan (tenor) setahun.

Persyaratannya mudah yaitu hanya membutuhkan foto KTP, foto selfie dan mutasi rekening usaha serta laporan penjualan usaha. Namun, hanya untuk wilayah Jawa, Batam, Medan, Palembang dan Bali.

Selain itu, pemilik usaha dipastikan sudah menggunakan sistem kasir digital seperti Moka, Gobiz, Majoo, Spot atau lainnya dan telah menjalankan usaha selama lebih dari 6 bulan dengan laba Rp6 juta/bulan.

"Pebisnis yang berjualan dengan sistem reseller ataupun dropshipper tidak masuk kriteria," demikian keterangan Pinjol Modalku yang sudah terverifikasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) tersebut.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini