5 Ras Sapi Terbesar di Dunia, Lebih Besar dari Sapi Kurban Jokowi di Sumbar

×

5 Ras Sapi Terbesar di Dunia, Lebih Besar dari Sapi Kurban Jokowi di Sumbar

Bagikan berita
Sapi terbesar di Dunia. (Kolase: Halonusa.id)
Sapi terbesar di Dunia. (Kolase: Halonusa.id)

Mereka memiliki bulu berwarna putih atau krem, dengan ujung ekor dan bagian tubuh lainnya lebih gelap.

Tubuh mereka sangat panjang, dengan kaki yang juga panjang dan otot yang sangat baik. Sapi jantan dari ras ini bisa mencapai berat 1,8 ton, sementara betinanya sekitar 800 kg.

Tingginya mencapai 160 cm dan panjangnya sekitar 2 meter. Ras Chianina terkenal karena dagingnya yang berkualitas tinggi, sering digunakan dalam produksi steak Fiorentina yang terkenal di Italia.

3. Belgian Blue

Belgian Blue. (Foto: Istimewa)
Belgian Blue. (Foto: Istimewa)

Sapi Belgian Blue telah dikembangbiakkan di Belgia sejak abad ke-19. Mereka memiliki bulu berwarna biru keabu-abuan, putih, atau hitam.

Sapi ini dikenal dengan tubuhnya yang sangat berotot dan kekar, akibat mutasi genetik yang unik, sehingga disebut double muscle.

Berat sapi jantan bisa mencapai 1,2 ton, sementara betinanya sekitar 900 kg. Tingginya mencapai 145 cm dan panjangnya mencapai 190 cm.

4. Limousin

Limousin. (Foto
Limousin. (Foto: Wikimedia)

Sapi Limousin berasal dari wilayah Limousin di Prancis dan sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

Bulu mereka berwarna cokelat kemerahan dengan bagian sekitar mata dan mulut yang lebih terang. Tubuh mereka panjang, dengan otot yang baik dan kaki yang kuat.

Berat sapi jantan bisa mencapai 1,2 ton, sementara betinanya sekitar 700 kg. Tingginya sekitar 140 cm dan panjangnya mencapai 180 cm.

Limousin dikenal karena produktivitas dagingnya yang tinggi dan ketahanan terhadap penyakit. Limousin juga menjadi salah satu ras sapi yang banyak dikembangbiakkan di Indonesia.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini