5 Ras Sapi Terbesar di Dunia, Lebih Besar dari Sapi Kurban Jokowi di Sumbar

×

5 Ras Sapi Terbesar di Dunia, Lebih Besar dari Sapi Kurban Jokowi di Sumbar

Bagikan berita
Sapi terbesar di Dunia. (Kolase: Halonusa.id)
Sapi terbesar di Dunia. (Kolase: Halonusa.id)

HALONUSA -Saat Idul Adha tiba, masyarakat Indonesia tentu akrab dengan tradisi penyembelihan hewan kurban, terutama sapi.

Di dunia ini, ada banyak jenis sapi, baik sapi pedaging maupun sapi perah. Namun, di Indonesia, hanya beberapa jenis sapi yang terkenal, seperti limousin, simental, brangus, dan brahman.

Ternyata, masih ada banyak ras sapi lain yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Dikutip dari Timenews.co.id dan video dari channel YouTube Jaya Edutainment 2 yang diunggah pada Minggu,16 Juni 2022, berikut ini adalah jenis-jenis sapi terbesar di dunia yang masih ada hingga kini.

Sementara itu, sapi yang disumbangkan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo, untuk warga Sumatera Barat saat perayaan Idul Adha juga menarik perhatian.

Sapi tersebut berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat, dengan berat mencapai 1,052 ton dan tinggi 1,5 meter.

5 Ras Sapi Terbesar di Dunia

1. Maine-Anjou

Sapi Maine-Anjou. (Foto: Pinterest)
Sapi Maine-Anjou. (Foto: Pinterest)

Sapi Maine-Anjou berasal dari daerah Maine dan Anjou di Prancis. Mereka memiliki bulu yang didominasi warna merah tua dengan bercak putih.

Tubuh mereka besar, dengan otot yang baik dan kaki yang kuat. Sapi jantan dari ras ini bisa mencapai berat 1.400 kg atau 1,4 ton, sementara betinanya sekitar 900 kg atau 9 kuintal.

Tinggi sapi ini berkisar antara 1,5 hingga 2 meter. Maine-Anjou dikenal karena sifatnya yang jinak dan kemampuannya beradaptasi dengan berbagai lingkungan.

2. Chianina

Sapi Chianina. (Foto:
Sapi Chianina. (Foto: OddityCentral)

Sapi Chianina adalah salah satu ras sapi tertua yang berasal dari Italia, dengan sejarah yang bisa ditelusuri hingga zaman Romawi Kuno.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini