Plafon KUR BNI 2024 Plafon Sampai Rp1 Miliar dan Wajib Jaminan, Benarkah?

×

Plafon KUR BNI 2024 Plafon Sampai Rp1 Miliar dan Wajib Jaminan, Benarkah?

Bagikan berita
Ilustrasi KUR BNI (foto: Canva)
Ilustrasi KUR BNI (foto: Canva)

Berikutnya, siapkan juga kartu keluarga (KK) ya serta Surat Keterangan Usaha (SKU) sebagai bukti bahwa bisnismu layak diberi pembiayaan. Kalau tidak punya SKU, bisa daftar online melalui situs OSS saja.

Tahapan Pengajuan KUR BNI 2024

Anggaplah kamu sudah melengkapi semua syarat dan ketentuan serta membawa semua dokumen terkait ke Bank BNI terdekat, maka pihak BNI akan menerima pemberkasan. Lalu, kamu akan ditunggu sampai semua proses selesai.

Nantinya jika pengajuan berkasmu lolos, pihak BNI akan meninjau lokasi tempat kamu punya usaha. Tahapan ini juga jadi penentu bahwa BNI akan menerima pengajuan KUR atau tidak, maka pastikan pengisian pendataan di awal sejujur-jujurnya ya.

Saran Youtuber Republic's Java, kalau memiliki usaha online sebaiknya juga punya stok barang di rumah. Jadi jenis usaha reseller tidak akan diterima pengajuan KUR BNI nya, karena tidak ada bukti fisik bahwa kamu memiliki barang tersebut.

Selain itu, BI Checking calon debitur dipastikan lancar ya dan tidak pernah mengalami tunggakan pada 1 tahun sebelumnya. Misalnya sebelumnya kamu pernah menunggak meski sudah lunas, maka ada pertimbangan penerimaan.

Terakhir, nanti pihak BNI juga akan menilai kemampuan bayar calon debitur. Apakah besaran cicilan per bulan yang disetorkan dapat lancar, karena jumlahnya tidak melampaui penghasilan.

Tindakan ini juga nanti yang akan jadi penentu, berapa plafon calon debitur sesuai kemampuan bayar cicilan bulanan. Tentunya jika ingin dapatkan limit Rp1 Miliar, penghasilan per bulanmu kisaran puluhan juta ya.

Nah, untuk jenis pinjaman KUR ini masuk kategori retail yang mewajibkan jaminan berupa BPKB Kendaraan atau Surat Tanah dan sejenisnya. Demikian rangkuman Halonusa pada artikel ini, semoga bermanfaat. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini