Plafon KUR BNI 2024 Plafon Sampai Rp1 Miliar dan Wajib Jaminan, Benarkah?

×

Plafon KUR BNI 2024 Plafon Sampai Rp1 Miliar dan Wajib Jaminan, Benarkah?

Bagikan berita
Ilustrasi KUR BNI (foto: Canva)
Ilustrasi KUR BNI (foto: Canva)

HALONUSA - Ada jenis pinjaman Bank Negara Indonesia (BNI) produk Kredit Usaha Rakyat (KUR), dengan nominal pengajuan (plafon) Rp1 Miliar.

Hal tersebut dijelaskan oleh Youtuber Republic's Java dalam sebuah video konten berjudul, "KUR BNI TERBARU - SYARAT DAN CARA PENGAJUAN PINJAMAN KUR BNI 2024 AGAR DISETUJUI | PINJAMAN KUR BNI."

Selain itu menurut Youtuber Republic's Java, BNI juga menetapkan aturan pengadaan jaminan jika calon debitur ingin pengajuan KUR meski pemerintah sendiri tidak mewajibkannya.

"Syarat dan ketentuan pengajuan KUR BNI sama dengan pinjaman Bank lain, tapi ada sedikit perbedaan di plafon. Begitu pula dengan aturan wajib jaminannya," kata Youtuber Republic's Java.

"Teman-teman harus mematuhi aturan BNI juga jika ingin pengajuan di sana, meski pemerintah tidak mewajibkan jaminan. Tapi kan penyalurnya itu BNI jadi tetap harus dipatuhi," jelasnya.

Syarat dan Ketentuan Pengajuan KUR BNI

Menurut Youtuber Republic's Java dalam video kontennya, KUR BNI juga memiliki 3 jenis yaitu

Mikro dengan plafon Rp25 juta dan Kecil Rp500 juta serta Retail hingga Rp1 Miliar yang jangka waktu pelunasan (tenor) sampai 5 tahun.

Tapi kalau misalnya debitur ingin pengajuan Rp10 juta saja juga boleh, tentu dengan aturan dan ketentuan terkait. Biasanya sih kalau pengajuan maksimal Rp10 juta saja, tidak akan ada aturan jaminan.

Cuman, kamu bisa tanyakan sendiri informasi lebih lengkapnya ke BNI dengan kirim pesan ke berbagai sosmed dan telfon ke Call Center 1 500 046 meski lebih bagusnya datang saja ke Bank terdekat ya.

Selain itu sesuai syarat lainnya, calon debitur sudah berusia minimal 21 tahun atau telah menikah. Kalau belum menikah dan sudah 21 tahun, bisa minta surat keterangan ke kelurahan setempat. Jika sudah, lampirkan surat nikah/cerai.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini