8 Wisata Sarasah Hidden Gem di Sumatera Barat, Dijamin Terpukau!

×

8 Wisata Sarasah Hidden Gem di Sumatera Barat, Dijamin Terpukau!

Bagikan berita
Rekomendasi wisata sarasah di Sumatera Barat. (Kolase: Halonusa.id)
Rekomendasi wisata sarasah di Sumatera Barat. (Kolase: Halonusa.id)

7. Sarasah Barasok

Sarasah Barasok. (Foto: Is
Sarasah Barasok. (Foto: Kiddrock85)

Air Terjun Sarasah Barasok, yang terletak di Banja Loweh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat, menawarkan keindahan alam yang tak tertandingi dengan ketinggian sekitar 20 meter.

Dikenal juga dengan pemandangan 'berasap' yang ditimbulkan oleh aliran airnya yang deras, Sarasah Barasok menghadirkan nuansa mistis dan mempesona.

Perjalanan ke air terjun ini memang membutuhkan usaha lebih karena medannya yang terjal, namun setiap langkah yang diambil akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan dan memuaskan bagi para petualang.

8. Sarasah Kuau

Sarasah Kuau. (Foto: Indra Susandi)
Sarasah Kuau. (Foto: Indra Susandi)

Air Terjun Sarasah Kuau, yang berada di Bukit Barisan 1, Nagari Sungai Buluh, Kecamatan Batang Anai, menawarkan keindahan alam yang masih asri dan terjaga.

Dulu dikenal dengan nama Sarasah Indah, nama air terjun ini telah diubah menjadi Sarasah Kuau sebagai hasil dari rapat Lembaga Pengelolaan Hutan Nagari (LPHN) Sungai Buluh, menggambarkan kekayaan fauna di sekitarnya, termasuk spesies kuau yang banyak ditemukan di area ini.

Dengan ketinggian sekitar 15 meter dan kedalaman kolam yang berkisar antara 1 hingga 3 meter, air terjun ini memiliki tiga lubuak yang memungkinkan pengunjung untuk berenang sambil menikmati kejernihan airnya.

Sarasah Kuau tidak hanya kaya dengan fauna seperti rangkong, kuau rajo, dan berbagai jenis ikan lokal, tetapi juga dengan flora seperti pohon durian, petai, jengkol, dan karet, yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat lokal untuk mencari nafkah.

Perjalanan ke Sarasah Kuau cukup mudah dijangkau dengan jarak tempuh sekitar 3 kilometer dari Gedung Pertemuan LPHN, memakan waktu sekitar satu jam.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini