3 Bencana Besar yang Mengancam Sumatera Barat, Masyarakat Wajib Tahu

×

3 Bencana Besar yang Mengancam Sumatera Barat, Masyarakat Wajib Tahu

Bagikan berita
Sumber foto: Youtube Creative Hamdi
Sumber foto: Youtube Creative Hamdi

Namun, perlu diingat bahwa ada juga ancaman gempa yang bersumber di darat akibat Sesar Sumatera atau Patahan Semangko yang bisa terjadi kapan saja dan berpotensi menyebabkan kerusakan parah.

Rahmat menjelaskan bahwa gempa bumi yang bersumber di darat tidak selalu membutuhkan magnitudo besar untuk menyebabkan kerusakan signifikan.

Gempa dengan magnitudo 6 saja sudah cukup untuk merusak. Oleh karena itu, BMKG kembali mengingatkan masyarakat dan pemangku kepentingan bahwa ancaman bencana tidak hanya terjadi di pantai utara Jawa atau pantai barat Sumatera, tetapi juga dari gempa darat yang bisa menimbulkan korban.

Sesar Sumatera membentang dari Provinsi Lampung hingga Aceh dan melintasi beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Barat, seperti Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Solok, Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, dan sebagian Kota Padang Panjang.

Itulah tiga bencana besar yang mengancam Sumatera Barat. Ingat, bencana tersebut hanyalah prediksi dan bisa saja terjadi atau tidak. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini