3 Bencana Besar yang Mengancam Sumatera Barat, Masyarakat Wajib Tahu

×

3 Bencana Besar yang Mengancam Sumatera Barat, Masyarakat Wajib Tahu

Bagikan berita
Sumber foto: Youtube Creative Hamdi
Sumber foto: Youtube Creative Hamdi

Jika terjadi, gempa kuat dan tsunami besar bisa mengancam Kepulauan Mentawai, Kota Padang, serta daerah pesisir lainnya seperti Pesisir Selatan, Pariaman, Padang Pariaman, Kabupaten Agam, dan Pasaman Barat.

2. Banjir Bandang 'Galodo'

Banjir galodo yang melanda Sumatera Barat pada 11 Mei 2024 menghancurkan beberapa daerah di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam.

Namun, ancaman banjir lahar dingin susulan masih ada. BMKG bersama Badan Geologi Kementerian ESDM dan Balai Wilayah Sungai Kementerian PUPR memetakan sejumlah wilayah rawan bencana ini.

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga sangat deras diperkirakan berlangsung hingga 22 Mei 2024 yang lalu, yang dapat menggugurkan endapan material lahar dari lereng Gunung Marapi.

Material ini berpotensi meluap ke wilayah pemukiman penduduk dengan jumlah volume yang cukup besar, khususnya di daerah Sawah Luak, Bukit Gombak, Pasia Laweh, Sungai Tarap, Lantai Batu, Batipuah Ateh, Batipuah Baruah, Batu Taga di Kabupaten Tanah Datar, serta Bukik Batabuah dan Bukik Bulek di Kabupaten Agam.

3. Patahan Semangko atau Sesar Sumatera

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, kembali mengingatkan masyarakat di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk selalu melakukan langkah mitigasi dan mewaspadai ancaman Sesar Sumatera.

Rahmat menekankan bahwa sesar ini merupakan ancaman nyata dengan potensi sumber gempa di darat.

Selama ini, masyarakat dan pemerintah daerah Sumatera Barat lebih fokus pada mitigasi ancaman gempa megathrust yang dapat menyebabkan tsunami.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini