3 Bencana Besar yang Mengancam Sumatera Barat, Masyarakat Wajib Tahu

×

3 Bencana Besar yang Mengancam Sumatera Barat, Masyarakat Wajib Tahu

Bagikan berita
Sumber foto: Youtube Creative Hamdi
Sumber foto: Youtube Creative Hamdi

HALONUSA - Sumatera Barat merupakan daerah yang sangat rawan bencana belakangan ini. Berbagai bencana alam sering melanda wilayah ini, mulai dari gempa bumi, banjir bandang, tanah longsor, letusan Gunung Marapi, hingga yang terbaru adalah banjir bandang dan lahar dingin.

Bencana ini menyebabkan banyak masyarakat kehilangan tempat tinggal dan merusak beberapa fasilitas umum. Bencana yang terjadi pada 11 Mei 2024 bahkan menelan banyak korban jiwa.

Namun, ada bencana lain yang masih mengancam Sumatera Barat. Dalam artikel kali ini, Halonusa.id akan membahas tentang tiga bencana besar yang mengancam Sumatera Barat.

Disclaimer, artikel ini tidak bermaksud menakut-nakuti atau berdasarkan ramalan, melainkan untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengingatkan masyarakat Sumbar agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

3 Bencana Besar yang Mengancam Sumatera Barat,

1. Megathrust Sumatera

Pulau Sumatera terdeteksi menyimpan kekuatan megathrust paling dahsyat di Indonesia.

Megathrust adalah daerah pertemuan antar lempeng tektonik bumi yang berpotensi memicu gempa kuat dan tsunami.

Zona ini diprediksi pecah berulang dengan jeda hingga ratusan tahun. Menurut Dariono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, megathrust merupakan bidang kontak antar lempeng yang mengakumulasi tegangan tektonik sangat besar.

Berdasarkan peta sumber dan bahaya gempa Indonesia 2017, terdapat 16 megathrust di Indonesia, enam di antaranya berada di Sumatera.

Dua titik megathrust di Sumatera Barat adalah Mentawai Utara dan Mentawai Pagai.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini