10 Masjid Tertua di Sumatera Barat, Apakah Ada yang Dari Daerahmu?

×

10 Masjid Tertua di Sumatera Barat, Apakah Ada yang Dari Daerahmu?

Bagikan berita
Masjid tertua di Sumatera Barat. (Kolase: Halonusa.id)
Masjid tertua di Sumatera Barat. (Kolase: Halonusa.id)

2. Masjid Ummil Qura, Agam

Masjid Ummil Qura, Agam. (Foto: Wikipedia)
Masjid Ummil Qura, Agam. (Foto: Wikipedia)

Masjid Ummil Qura, yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, telah berdiri sejak tahun 1907.

Berlokasi di desa Bancah, tepian Danau Maninjau, masjid ini mengambil nama dari bahasa Arab yang berarti "ibu negeri" atau "pusat nagari" dalam konteks Minangkabau.

Dengan usianya yang telah mencapai lebih dari satu abad sejak didirikan sebelum masa kemerdekaan, masjid ini telah mengalami beberapa kali renovasi, termasuk penggunaan keramik pada lantainya, tanpa mengubah struktur bangunan aslinya.

3. Masjid Raya Pariaman

Masjid Raya Pariaman. (Foto: Wikipedia_
Masjid Raya Pariaman. (Foto: Wikipedia)

Terletak di Jalan Syekh Mohammad Jamil, Kampung Perak, Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat, Indonesia, Masjid Raya Pariaman atau Masjid Raya Nagari Pasar Pariaman didirikan atas prakarsa ulama terkemuka, Syekh Muhammad Jamil El Khalidi (1830–1928).

Statusnya sebagai warisan budaya diakui oleh pemerintah Indonesia dan ditempatkan di bawah Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

4. Masjid Jamik Taluak Bukittinggi

Masjid Jamik Taluak Bukittinggi. (Foto: Wikipedia)
Masjid Jamik Taluak Bukittinggi. (Foto: Wikipedia)

Terletak di Nagari Taluak IV Suku, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dekat perbatasan Kota Bukittinggi, Masjid Jamik Taluak Bukittinggi didirikan pada tahun 1860 atas prakarsa Haji Abdul Majid.

Awalnya, bangunan ini terbuat dari kayu dengan atap ijuk. Kendati beberapa kali mengalami kerusakan akibat gempa, termasuk kerusakan parah pada tahun 2007, masjid ini telah dipugar tetapi tetap mempertahankan keasliannya.

Arsitekturnya yang dipengaruhi oleh gaya Minangkabau kaya akan detail, dengan pengaruh Arab yang terlihat pada minaret dan fasadnya.

Koleksi foto masa Pemerintahan Hindia Belanda yang mengabadikan masjid ini kini disimpan di Tropenmuseum, Amsterdam, Belanda.

5. Masjid Bingkudu, Agam

Masjid Bingkudu, Agam. (Foto: Wikipedia)
Masjid Bingkudu, Agam. (Foto: Wikipedia)

Masjid Bingkudu, atau juga dikenal sebagai Masjid Bengkudu atau Masjid Jamik Bingkudu, adalah salah satu masjid tertua di Indonesia.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini