Tingkatkan SDM di Bidang Hukum, UNES Padang Jalin Kerjasama dengan Pengadilan Militer I-03 Padang

×

Tingkatkan SDM di Bidang Hukum, UNES Padang Jalin Kerjasama dengan Pengadilan Militer I-03 Padang

Bagikan berita
Kepala Pengadilan Militer I – 03 Padang bersama Rektor Unes usai penandatanganan MoU. (Foto: Humas UNES Padang)
Kepala Pengadilan Militer I – 03 Padang bersama Rektor Unes usai penandatanganan MoU. (Foto: Humas UNES Padang)

HALONUSA.COM - Dalam meningkatkan Kualitas sumber daya manusia di bidang hukum dan administrasi pemerintahan, Universitas Ekasakti dan Pengadilan Militer I – 03 Padang jalin kolaborasi.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ruang sidang Pengadilan Militer I – 03 Padang, Kamis, 14 Agustus 2023.

Penandatanganan ini dilakukan langsung oleh Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin M.Pd selaku Rektor Universitas Ekasakti, dan Letkol CHK Abdul Halim, SH, MH selaku Kepala Pengadilan Militer I – 03 Padang.

Kolaborasi ini dilakukan bertujuan sebagai langkah monumental dalam menggali potensi dan meningkatkan mutu pendidikan di kedua institusi.

Baca juga:

Sufyarma Marsidin menyampaikan rasa terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh pihak Pengadilan Militer I – 03 Padang. Dia menyoroti pentingnya kerjasama ini, terutama bagi mahasiswa Fakultas Hukum di Universitas Ekasakti.

"Dengan kerjasama ini, para mahasiswa berkesempatan menjalani magang serta praktek lapangan di berbagai lembaga peradilan, seperti Pengadilan Militer, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, dan Pengadilan Tata Usaha Negara," ujarnya.

Tidak hanya itu, ia juga mendorong para hakim, staf, dan pegawai di Pengadilan Militer untuk memanfaatkan peluang pendidikan lanjutan di Fakultas Hukum dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UNES Padang.

Dia menekankan bahwa kolaborasi ini tidak hanya sekadar kerjasama antarlembaga, tetapi juga langkah strategis dalam meningkatkan pemahaman tentang ilmu hukum dan administrasi pemerintahan di kalangan personil peradilan.

Selanjutnya Kepala Pengadilan Militer I – 03 Padang, Letkol CHK Abdul Halim, menyambut baik kerjasama ini sebagai langkah maju yang akan memberikan dampak positif yang signifikan. Dia juga menjelaskan bahwa wilayah kerja Pengadilan Militer I – 03 meliputi tiga provinsi dan melibatkan berbagai satuan TNI.

"Kerjasama ini, akan memberikan peluang bagi para hakim, jaksa, staf, dan pegawai sipil di lingkungan Pengadilan Militer untuk mengembangkan kemampuan melalui program RPL dan MBKM di UNES. Dengan program ini, diharapkan mereka dapat memperdalam pemahaman mereka tentang ilmu hukum dan administrasi pemerintahan," jelasnya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini