Inilah Daerah Penghasil Kopi Ternikmat di Sumbar, Miliki Aroma dan Cita Rasa Khas, Pecinta Kopi Wajib ke Sini!

×

Inilah Daerah Penghasil Kopi Ternikmat di Sumbar, Miliki Aroma dan Cita Rasa Khas, Pecinta Kopi Wajib ke Sini!

Bagikan berita
Ilustrasi bibit kopi. (Foto: pixabay)
Ilustrasi bibit kopi. (Foto: pixabay)

HALONUSA.COM - Bagi penikmat kopi di Sumatera Barat (Sumbar), daerah penghasil kopi ini wajib dikunjungi. Karena memiliki aroma yang khas dan rasanya pas.

Daerah penghasil kopi itu berada di Nagari Data Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Seperti dilansir Halonusa.com melalui kanal YouTube Suasana Pedesaan Indonesia, Selasa, 22 Agustsu 2023, nagari ini merupakan sebuah kampung yang menghasilkan kopi. Kopi yang tumbuh di sini adalah kopi robusta yang diolah secara manual sehingga mempunyai cita rasa yang nikmat.

Di Nagari ini hampir di setiap rumah penduduk itu mempunyai kebun kopi dan nanti diolah secara manual sehingga aroma dan ciri khas kopinya sangat wangi dan menghasilkan cita rasa yang sangat bagus.

Jadi pencinta kopi dari luar daerah banyak sekali yang memesan kopi ini karena kopinya tidak ada campuran dan masih murni.

Kopi di sini diolah secara turun-temurun dengan pengalaman-pengalaman yang sudah berpuluhan tahun sehingga cita rasanya sangat enak untuk dinikmati.

Cara pemilihannya adalah kopi yang diambil atau dipilih berwarna merah atau yang betul-betul matang. Kemudian dijemur sampai kering dan baru nanti dipisahkan antara kulit dan isi.

Sedangkan, cara menumbuk masih menggunakan secara manual yaitu lesung dengan injakan. Sehingga masih alami sekali pengolahannya.

Untuk pengupas yakni dengan memisahkan antara kulit dan biji dari kopi dengan sistem injakan kaki.

Menurut informasi dari penduduk setempat, kopi ini telah ada semenjak zaman Belanda. Saat ini dilakukan pembaruan atau peremajaan dari bibit kopi tersebut.

Editor : Tisya
Sumber : YouTube Suasana Pedesaan Indonesia
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Sumbar