5 Kota Maju dan Terbesar di Sumatera, Apakah Ada dari Sumbar?

×

5 Kota Maju dan Terbesar di Sumatera, Apakah Ada dari Sumbar?

Bagikan berita
5 kota termaju dan terbesar di Sumatera. (Foto: Youtube Creative Hamdi)
5 kota termaju dan terbesar di Sumatera. (Foto: Youtube Creative Hamdi)

Pemerintah Indonesia secara ekstensif membangun infrastruktur tol dan kereta api demi meningkatkan konektivitas antar kota di Sumatera.

2. Kota Batam

Batam telah lama diincar oleh pemerintah Indonesia sebagai kota yang dapat bersaing dengan Singapura. Meskipun belum sepenuhnya terwujud, Batam telah menjadi salah satu kota terpenting di Indonesia.

Pemerintah membentuk Badan Pengusaha Batam (BP Batam) untuk mengurus secara langsung kota Batam. Infrastruktur besar telah dibangun untuk mendukung pertumbuhan Batam, seperti Jembatan Barelang dan Bandara Internasional Hang Nadim.

Kota ini memiliki letak yang strategis dan merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia.

3. Kota Palembang

Palembang merupakan kota terpadat kedua di Sumatera setelah Medan, dan juga merupakan kota terpadat kelima di Indonesia. Kota ini semakin terkenal sejak menjadi tuan rumah event besar seperti PON dan Asian Games.

Infrastruktur olahraga yang memadai, seperti kompleks Jakabaring, telah dibangun untuk mendukung hal ini. Palembang juga memiliki koridor BRT terbanyak di Indonesia, dan akan segera memiliki LRT pertama di Indonesia.

4. Kota Pekanbaru

Pekanbaru adalah ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Riau. Kota ini merupakan salah satu pusat ekonomi terbesar di Pulau Sumatera, didukung oleh perdagangan dan pertambangan minyak bumi.

Pekanbaru juga memiliki infrastruktur transportasi yang lengkap, termasuk Bandara Internasional, terminal bus, dan dua pelabuhan.

5. Kota Bandar Lampung

Bandar Lampung merupakan salah satu kota terpadat di Pulau Sumatera dan juga termasuk kota besar di Indonesia.

Kota ini memiliki posisi strategis sebagai gerbang utama Pulau Sumatera, menjadi penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera. Infrastruktur transportasi dan logistik yang baik telah menjadikan Bandar Lampung berkembang pesat menjadi kota metropolitan.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini