Deretan Tempat Ibadah Muslim Termegah di Sumatera 2024, Masjid Raya Sumbar Apakah Termasuk?

×

Deretan Tempat Ibadah Muslim Termegah di Sumatera 2024, Masjid Raya Sumbar Apakah Termasuk?

Bagikan berita
Deretan masjid termegah di Sumatera 2024. (Foto: Youtube Creative Hamdi)
Deretan masjid termegah di Sumatera 2024. (Foto: Youtube Creative Hamdi)

Dan baru-baru ini beredar kabar bahwa nama Masijd Raya Sumbar ini akan diganti namanya menjadi Masjid Syeikh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

4. Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru

Dengan bentuk menyerupai Taj Mahal dan sentuhan Melayu yang kental, masjid ini memukau pengunjung dengan warna hijau mendominasi dan motif kubah serupa kain hias berlapis emas.

5. Masjid Agung Natuna di Kepulauan Riau

Digadang-gadangkan sebagai "Taj Mahalnya Indonesia", masjid ini memiliki kubah besar dan enam kubah kecil yang melambangkan rukun iman dalam agama Islam.

6. Masjid Agung Alfalah di Jambi

Masjid terbesar di Jambi ini dikenal dengan sebutan "Masjid 1000 Tiang", meskipun jumlah tiangnya hanya 256. Bangunannya terdiri dari pandopo terbuka dengan tiang penyangga dan satu kubah besar di atasnya.

7. Masjid Agung Palembang di Sumatera Selatan

Terletak di salah satu kawasan asli Palembang dan Arab, masjid ini merupakan ikon dari provinsi Sumatera Selatan. Bentuknya telah mengalami renovasi pada tahun 2000 hingga 2003.

8. Masjid Raya Baitul Izzah di Bengkulu

Dibangun pada tahun 1976, masjid ini memiliki luas tanah sekitar 2.500 meter persegi dan menjadi salah satu landmark di kota Bengkulu.

Itulah beberapa masjid yang menjadi landmark di pulau Sumatera. Bagaimana menurut pendapat teman? Semoga artikel ini bermanfaat. (*)

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini