5 Provinsi di Sumatera Paling Banyak Merantau dan Mudik Lebaran 2024, Sumbar Nomor Berapa?

×

5 Provinsi di Sumatera Paling Banyak Merantau dan Mudik Lebaran 2024, Sumbar Nomor Berapa?

Bagikan berita
Ilustrasi pemudik terbanyak di Sumatera. (Foto: Youtube Creative Hamdi)
Ilustrasi pemudik terbanyak di Sumatera. (Foto: Youtube Creative Hamdi)

Sedangkan untuk luar Sumatera, tujuan favorit bagi para perantau Riau adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

4. Provinsi Lampung

Provinsi Lampung juga memiliki jumlah perantau yang signifikan. Berdasarkan hasil sensus 2020-2022, jumlah penduduk yang melakukan migrasi keluar seumur hidup di provinsi Lampung sebanyak 776.000 jiwa atau sekitar 9% dari jumlah total penduduk provinsi Lampung.

Meskipun demikian, jumlah penduduk yang masuk ke provinsi Lampung jauh lebih banyak dibanding penduduk yang berimigrasi keluar, dengan demikian Lampung juga merupakan salah satu daerah tujuan perantau wilayah Sumatera.

Para perantau asal Lampung umumnya memilih Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau sebagai destinasi perantauan di wilayah Sumatera.

Sedangkan untuk luar Sumatera, perantau dari Lampung umumnya memilih merantau ke pulau Jawa seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, dan DKI Jakarta.

3. Provinsi Sumatera Selatan

Provinsi Sumatera Selatan juga memiliki jumlah perantau yang cukup besar. Berdasarkan data BPS pada tahun 2020-2022, sebanyak 791 ribu lebih perantau dari provinsi Sumatera Selatan tersebar di beberapa wilayah yang ada di Indonesia.

Tujuan utama para perantau provinsi Sumatera Selatan adalah provinsi tetangganya, yaitu provinsi Lampung, kemudian Bengkulu, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Sedangkan di luar Sumatera, tujuan perantauannya adalah ke pulau Jawa seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, serta DKI Jakarta.

2. Provinsi Sumatera Barat

Sumatera Barat merupakan daerah yang erat dengan tradisi merantau. Jumlah perantau dari Sumatera Barat menurut data BPS 2020-2022 mencapai lebih dari 980 ribu jiwa.

Tujuan perantau asal Sumatera Barat di wilayah Sumatera meliputi Riau, Kepulauan Riau, dan Sumatera Utara.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini