Desa Wisata Aua Sarumpun Tanah Datar, Berasa di Swiss dengan View Danau dan Pegunungan

×

Desa Wisata Aua Sarumpun Tanah Datar, Berasa di Swiss dengan View Danau dan Pegunungan

Bagikan berita
Aua Sarumpun. (Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id)
Aua Sarumpun. (Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id)

Oleh karena itu, Anda harus mengandalkan jasa pengemudi yang terlatih untuk mengendarai kendaraan hingga ke puncak Aua Sarumpun demi menjaga keselamatan.

Sesampai di puncak Aua Sarumpun, Anda akan dikenakan retribusi sebesar Rp10.000. Biaya tersebut tergolong murah untuk pemandangan sebagus ini.

Dengan membayar Rp10.000, Anda bisa main sepuasnya di kawasan Aua Sarumpun ini. Di tempat ini, ada sebuah tempat yang menjadikan nama kawasan ini sebagai Aua Sarumpun.

Bagi Anda yang bukan asli Sumatera Barat mungkin kurang familiar dengan istilah aua.Aua atau aur merupakan sejenis bambu yang ukurannya lebih kecil dan tumbuh bergerombol atau berkelompok.

Aua Sarumpun adalah sekelompok bambu yang tumbuh di puncak bukit. Biasanya dijadikan sebagai tempat berteduh bagi pengunjung saat cuaca terik.

Di kawasan puncak ini tempat tumbuhnya aua. Anda disungguhkan dengan dua pemandangan sekaligus. Di sisi barat, Anda bisa melihat danau, sedangkan ke sisi timur terlihat pegunungan dan perbukitan.

Di sisi timur ini, terlihat view Bukit Barisan, pemandangannya sungguh memanjakan mata sangat indah. Di puncak juga terlihat jalan yang dilalui dari bawah sampai menuju ke puncak Aua Sarumpun ini.

Di sisi barat terlihat Danau Singkarak. Ini adalah view yang paling memukau karena bagian-bagian danau ini terlihat seperti lukisan. Padahal ini adalah pemandangan nyata
yang terpampang dihadapan mata.

Desa wisata Aua Sarumpun ini juga menyediakan berbagai fasilitas oleh pengelola. Diantaranya, ada rumah pohon, juga sedang dibangun arena atau wahana bermain seperti
sepeda yang jalan di atas rantai.

Pemandangan dari rumah pohon juga indah, Anda akan melihat padang rumput savana. Kemudian ada semacam padang ilalang yang berwarna kekuningan.

Editor : Tisya
Sumber : YouTube Piknik ID
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini