Desa Wisata Aua Sarumpun Tanah Datar, Berasa di Swiss dengan View Danau dan Pegunungan

×

Desa Wisata Aua Sarumpun Tanah Datar, Berasa di Swiss dengan View Danau dan Pegunungan

Bagikan berita
Aua Sarumpun. (Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id)
Aua Sarumpun. (Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id)

HALONUSA.COM - Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat memiliki tempat liburan hits yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum Anda jalan-jalan.

Kali ini, Halonusa.com akan mengulas salah satu tempat wisata terbaik di Kabupaten Tanah Datar, yakni Aua Sarumpun atau dalam bahasa Indonesia Aur Serumpun.

Aua Sarumpun merupakan ssebuah panorama yang terletak di perbukitan dengan pemandangan yang menakjubkan. Tempat ini diibaratkan Swiss-nya Tanah Datar.

Lantaran, selain pemandangannya yang memukau. Nuansa alam di tempat ini masih sangat terjaga.

Seperti dilansir dari kanal YouTube Piknik ID, Kamis, 3 Agustus 2023, Aua Sarumpun ini berlokasi di daerah Padang Luar, Kabupaten Tanah Datar.

Jika perjalanan ditempuh dari Kota Batusangkar, Anda akan melewati jalur Siturah. Kondisi jalan yang bagus dan pemandangan yang alami menjadikan perjalanan terasa enjoy.

Persisnya, setelah Anda melewati jembatan yang ada tanjakan di sebelah kanan. Kemudian naik ke atas, di sebelah kiri ada plang namanya "Aur Serumpun".

Disaat Anda naik ke atas, paling utama yang harus diperhatikan adalah kondisi kendaraan. Karena medan yang cukup ekstrim, banyak tanjakan dan belum sepenuhnya diaspal. Bahkan ada beberapa bagian jalan yang kondisinya masih jalan tanah.

Maka perlu diperhatikan adalah kalau Anda ingin berkunjung ke Aua Sarumpun pastikan kendaraan dalam kondisi layak jalan dan usahakan bukan kendaraan berjenis
sedan karena medannya cukup ekstrim.

Kondisi jalan menuju ke puncak Aua Sarmpun harus diwaspadai dan ekstra hati-hati karena jalan di kawasan ini belum seluruhnya diaspal. Kemudian di sisi kiri dan kanan terdapat jurang.

Editor : Tisya
Sumber : YouTube Piknik ID
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini