Waspadai Cuaca Ekstrim dan Dampak yang Ditimbulkan

×

Waspadai Cuaca Ekstrim dan Dampak yang Ditimbulkan

Bagikan berita
Ilustrasi cuaca ekstrim.
Ilustrasi cuaca ekstrim.

Penemuan mesin uap Tahun 1750 mendorong penggunaan bahan bakar fosil yang meningkatkan gas rumah kaca dan suhu permukaan bumi.

Jika kita berdiri di daerah perkotaan yang padat permukiman atau di daerah hutan kota maka akan sangat merasakan suhu udara yang berbeda, artinya ada perbedaan penggunaan lahan akan menimbulkan efek yang berbeda terhadap suhu yang dirasakan oleh manusia.

Terjadinya perubahan iklim yang dialami saat ini salah satunya disebabkan oleh perubahan tutupan lahan atau berkurangnya lahan terbuka hijau. Sudah banyak solusi yang ditawarkan pemerintah baik berupa regulasi ataupun aksi nyata yang dilakukan masyarakat. 

Namun demikian hal itu masih memerlukan dukungan seluruh masyarakat. Tidak hanya masyarakat Indonesia tetapi juga masyarakat dunia terutama menyangkut upaya mitigasi atau antisipasi dampak yang mungkin terjadi. 

Beberapa yang bisa dilakukan adalah melakukan pengurangan penggunaan bahan bakar dari fosil. Termasuk bahan bakar fosil untuk sektor transportasi, energi maupun industri.

Dari sisi pertanian pun diharapkan yang ramah lingkungan yaitu rendah emosi karbon, efisiensi penggunaan air, pengolahan sampah organik dan non organik serta senantiasa membiasakan menanam tanaman karena hal itu akan memberi pengaruh luar biasa bagi bumi dan lingkungan.

Perubahan cuaca yang ekstrim merupakan suatu fenomena alam yang memberikan dampak buruk bagi kehidupan. Cuaca ekstrim merupakan dampak yang ditimbulkan dari pemanasan global yang terjadi di dunia.

Penyebab Terjadinya Cuaca Ekstrim beserta Dampaknya bagi Kehidupan di Bumi

Musim kemarau yang berkepanjangan dan hujan lebat yang terjadi secara berhari-hari merupakan salah saru wujud nyata adanya perubahan cuaca ekstrim yang ada di dunia pada saat ini. Terjadinya cuaca ekstrem merupakan dampak dari adanya pemanasan global atau yang juga dikenal dengan istilah global warming.
Seperti namanya, global warming merupakan kondisi di mana suhu bumi meningkat lebih panas dari suhu normal.

Pemanasan global ini tentu membawa dampak buruk dan dapat merusak lingkungan bahkan kehidupan di bumi secara menyeluruh. Dampak buruk dari adanya pemanasan global tersebut tentu dirasakan semua makhluk baik hewan, tumbuhan, bahkan manusia.

Editor : Tisya
Sumber : Penulis
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini