Honda Hayati Bagikan Tips Berkendara yang Aman untuk Kaum Hawa

×

Honda Hayati Bagikan Tips Berkendara yang Aman untuk Kaum Hawa

Bagikan berita
PT Hayati Pratama Mandiri (HPM) selaku main dealer sepeda motor Honda Sumbar membagikan tips berkendara dengan aman dan nyaman terutama untuk kaum hawa. (Foto: Honda Hayati)
PT Hayati Pratama Mandiri (HPM) selaku main dealer sepeda motor Honda Sumbar membagikan tips berkendara dengan aman dan nyaman terutama untuk kaum hawa. (Foto: Honda Hayati)

Semisal sepeda motor skutik yang menggunakan transmisi otomatis di mana pengendara harus paham bagaimana mengoprasikan kendaraan tersebut baik di jalan datar sampai jalan yang memiliki kontur tanjakan dan turunan. Ditambah lagi beberapa fitur yang disematkan dikeluaran motor terbaru juga harus dipahami.

Selanjutnya, patuhilah rambu-rambu lalu lintas atau aturan di jalan raya. Dikarenakan aturan di jalan raya tidak memandang jenis kelamin, artinya setiap pengguna jalan raya harus taat dan tunduk terhadap aturan tersebut.

Kemudian, saat berkendara hendaknya menggunakan perlengakapan berkendara secara utuh, seperti helm standar SNI, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.

Dan tidak direkomendasikan menggunakan rok pendek yang tidak melindungi kulit secara utuh, juga penggunaan rok panjang yang dan lebar sehingga bisa berpotensi nyangkut di bagian sepeda motor ataupun penggunaan rok yang ketat sehingga menghambat ruang gerak saat berkendara.

Juga banyak pengendara dari kaum hawa saat ini berkendara di siang hari memegang kemudi dengan terbalik dikarenakan berbagai alasan, salah satunya agar tidak terpapar cahaya matahari secara lansung yang membuat kulit terbakar.

Untuk diketahui itulah pentingnya penggunaan sarung tangan selain melindungi tangan dan jari saat terjadi kecelakaan juga melindungi tangan agar tidak terpapar matahari secara lansung.

Di kesempatan lain, Mirda Aimy selaku Instruktur safety Riding Wanita Astra Honda Motor juga mengungkapkan banyak pengendara wanita yang berkendara namun mengabaikan keselamatan dan keamanan saat berkendara.

Seperti pengendara wanita yang menggunakan hijab namun tidak disimpul dengan rapi ataupun rambut yang tergerai sehingga hijab atau rambut tersebut bisa saja ketika terterpa angin berpotensi menutupi pandangan pengendara.

“Selain itu penggunaan high heels atau sepatu hak tinggi yang juga tidak disarankan, karena saat kendaraan stop and go bisa menyebabkan kehilangan keseimbangan dikarenakan kaki yang tidak menapak secara utuh,” tutup Mirda. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini