Materi Khutbah Jum'at Bulan Ramadhan 2023: Keutamaan Sholat Tarawih Setiap Malamnya

×

Materi Khutbah Jum'at Bulan Ramadhan 2023: Keutamaan Sholat Tarawih Setiap Malamnya

Bagikan berita
Marhaban ya Ramadhan 2023. (Ilustrator: Ryan Ramadi)
Marhaban ya Ramadhan 2023. (Ilustrator: Ryan Ramadi)

Seraya mendekati bulan Ramadan yang penuh berkah, sangat penting bagi kita untuk memahami pentingnya berbagai tindakan ibadah yang kita lakukan selama bulan ini. Salah satu ibadah yang paling penting selama Ramadan adalah salat Tarawih.

Sholat Tarawih adalah sholat berjamaah khusus yang dilaksanakan pada malam-malam bulan Ramadhan setelah sholat Isya yang wajib. Nabi Muhammad SAW melaksanakan shalat ini selama bulan Ramadhan dan mendorong para pengikutnya untuk melakukan hal yang sama.

Ada banyak kebajikan dan manfaat yang terkait dengan melaksanakan shalat Tarawih, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Hari ke-1: Jika khusyu melakukan Tarawih Hari ke-1, kamu seolah suci dari dosa seperti terlahir kembali ke dunia.

Hari ke-2: Dosa-dosamu dan kedua orang tua akan diampuni oleh Allah bagi yang bertaqwa

Hari ke-3: “Mulailah beramal karena Allah telah mengampuni dosamu yang telah lewat,” seruan malaikat di bawah ‘Arsy

Hari ke-4: Pahala yang umat muslim peroleh, akan sama dengan kebaikan usai membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan (Al-Quran).

Hari ke-5: Beberapa masjid dalam Islam disebut suci seperti Masjidil Haram, Masjid Madinah (Nabawi) dan Masjidil Aqsha. Pahala orang yang Tarawih hari ke-5 akan sama dengan mereka yang shalat di masjid bersejarah dan suci tersebut.

Hari ke-6: Ketika melakukan ibadah haji, seorang umat kan berthawaf di Baitul Makmur dan memohon ampun pada batu dan cadas. Maka, pahala orang yang Tarawih pada hari ke-6 akan sama dengan umat muslim dan muslimah tersebut.

Hari ke-7: orang yang Tarawih hari ke-7 akan peroleh kemenangan atas Fir’aun dan Haman, pahalanya mencapai derajat Nabi Musa AS.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini