4 Jalan Sumbar-Riau yang Sudah Tidak Dilalui Lagi, Nomor 2 Paling Angker

×

4 Jalan Sumbar-Riau yang Sudah Tidak Dilalui Lagi, Nomor 2 Paling Angker

Bagikan berita
Kelok 9 Tempo Dulu (Sumber Foto Internet)|Lubang Kolam Saat ini|Jalur Kelok 7 Saat Ini Sumber Foto Youtube
Kelok 9 Tempo Dulu (Sumber Foto Internet)|Lubang Kolam Saat ini|Jalur Kelok 7 Saat Ini Sumber Foto Youtube

Kelok Nona ini sangat terkenal pada masanya. Tetapi, saat ini jalan ini sudah tidak dilalui lagi setelah dibangunnya Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang di Kabupaten 50 Kota.

Kelok Nona ini terkenal juga angker dan memiliki beberapa cerita mistis yang dieritakan dari mulut ke mulut oleh masyarakat yang pernah melewati jalur ini.

Kabarnya, ada sebuah kuburan yang dicap angker di Kelok Nona ini. Kuburan tersebut konon adalah kuburan seorang perempuan keturunan cina yang dibunuh oleh penjahat.

Beberapa pengendara menyatakan bahwa sering melihat sosok sakral seperti seorang perempuan dengan baju putih berdiri di pinggir jalan. Tetapi sosok tersebut tidak mengganggu pengguna jalan pada masa itu.

Saat ini, Kelok Nona hanya tinggal cerita saja dan tidak ada lagi orang yang melewati jalur tersebut, karena jalur ini sudah menjadi danau untuk PLTA Koto Panjang.

3. Lubang Kolam

[caption id="attachment_48948" align="alignnone" width="686"]Lubang Kolam Saat ini Lubang Kolam Saat ini[/caption]

Selanjutnya adalah lubang kolam yang memiliki jalur yang sama dengan Kelok Nona. Lubang Kolam ini adalah sebuah terowongan yang gelap dan sempit yang dijadikan jalur Sumbar-Riau.

Lubang Kolam ini adalah jalur yang menyatukan Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau yang dibuat pada tahun 1929 dan memiliki panjang lebih dari 100 meter.

Pada masanya, Lubang Kolam ini merupakan spot terfavorit para pengendara saat akan menuju daerah Riau dari Sumatera Barat, atau sebaliknya.

Tetapi, saat ini lebar dari terowongan ini sudah semakin menyempit dan tidak lagi seperti saat masih menjadi jalur yang sering dilewati dahulunya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini