Wilayah di Kota Padang Ini Disebut 'Daerah Terlarang Dikunjungi', Kenapa? Ini Asal-usulnya

×

Wilayah di Kota Padang Ini Disebut 'Daerah Terlarang Dikunjungi', Kenapa? Ini Asal-usulnya

Bagikan berita
Angkot Siteba. (foto: Youtube Ridwan Saputra)
Angkot Siteba. (foto: Youtube Ridwan Saputra)

HALONUSA.COM - Ada salah satu daerah di Kota Padang yang banyak orang tidak mengetahui asal-usul penamaan daerahnya, bahkan orang yang bertempat tinggal disana mungkin bisa dibilang tidak mengetahuinya.

Bagi kamu yang berdomisili di Padang pasti sudah sering melewati daerah ini, atau bahkan sering mampir menemui gebetan atau selingkuhan, hehe.

Daerah ini cukup ramai dan daerah ini memang dikenal sebagai jatungnya sebuah kecamatan di Kota Padang.

Oke, tidak usah berlama-lama, daerah tersebut bernama Siteba letaknya di Kecamatan Nanggalo Padang.

Penamaan Siteba ini sebenarnya bermakna daerah larangan, karena pengertian namanya berasal dari Bahasa Nias yang artinya daerah terlarang untuk dikunjungi.

Konon, Siteba juga disebut-sebut angker berdasarkan keterangan dari beberapa ahli sejarah, karena dulunya Siteba adalah hutan lebat dan banyak binatang buas.

Meski warga Siteba tidak banyak yang menyadari hal itu, bahkan, ketika ditanya arti nama 'Siteba' sendiri mereka malah mengungkapkan kalimat tak terduga.

“Siteba tu Siap Terima Banjir," ujar seorang warga Siteba Nasrul (39) pada Halonusa.com.

Tentu, berbeda dengan tanggapan dari sang ahli sejarah. Berikut Halonusa.com rangkum asal-usul wilayah Siteba yang dulunya disebut sebagai daerah larangan dan dikenal dengan keangkerannya.

Asal Usul Nama Siteba

Melansir portal online Top Kini yang merangkum pendapat dari Anatona Gulo selaku dosen sejarah di Universitas Andalas. Ia menyebut bahwa kata Siteba, bukan berasal dari Bahasa Minang.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini