Bule Ini Marah-marah karena di Padang Tak Ada Nasi Padang: Aku Ditipu!

×

Bule Ini Marah-marah karena di Padang Tak Ada Nasi Padang: Aku Ditipu!

Bagikan berita
Bule marah di Padang tidak ada nasi Padang. (Foto: TikTok @coachbule)
Bule marah di Padang tidak ada nasi Padang. (Foto: TikTok @coachbule)

"Di Padang namanya rumah makan ampera, bukan rumah makan Padang. Jadi namanya nasi ampera, bukan nasi Padang," tulis akun TikTok Heri Saputra pada kolom komentar.

"Gini bang, kalau di luar Kota Padang, dinamakan nasi Padang karena asalnya dari Padang. Kalau udah di Kota Padang disebut nasi ampera," tulis akun April 23.

Fakta Nasi Padang Tidak Ada di Padang

Nasi Padang tidak ada di Padang tidaklah benar. Nasi Padang itu ada di setiap rumah makan di Padang, hanya saja tidak diberi label 'nasi Padang'.

Berbeda dengan di luar Kota Padang, Sumatera Barat. Di mana, setiap rumah makan Padang selalu diberi label 'nasi Padang'.

"Karena kalau di luar daerah, mereka perlu penamaan, mereka itu makanan Padang. Tapi kalau yang sudah di dalam Sumatera Baratnya, mereka udah gak perlu penamaan, cukup merk saja," ujar Reno Andam Suri, penulis buku 'Rendang Traveler' seperti dikutip dari Kompas.com.

Di Sumatera Barat, khususnya di Padang sendiri, tidak akan menemukan rumah makan yang seperti di Jakarta yang menyajikan berbagai macam masakan Padang.

Reno menjelaskan, di daerah Sumatera Barat mereka menjual yang spesifik dari masakan Padang yang ada di Jakarta.

Rumah makan yang di Jakarta dan daerah-daerah selain Sumatera Barat hanya menyajikan makanan standard masakan Padang.

Seperti contohnya beberapa rumah makan di Padang yang memiliki spesialis gulai kambiang, dendeng, hingga spesifik ikan karang. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini