Fungsi Rumah Gadang Minangkabau yang Unik, Ini Makna Atapnya yang Bergonjong

×

Fungsi Rumah Gadang Minangkabau yang Unik, Ini Makna Atapnya yang Bergonjong

Bagikan berita
Wisata Rumah Gadang Kampai Nan Panjang (Foto: raun_sumatera)
Wisata Rumah Gadang Kampai Nan Panjang (Foto: raun_sumatera)

2. Fungsi Keseharian

Tidak hanya sebagai keberlangsungan suatu tradisi, rumah gadang juga jadi tempat ditinggali oleh suatu keluarga dalam kesehariannya.

Terdapat pembagian kamar yang dihuni oleh perempuan dari keluarga tersebut, kemudian karakteristik ruang di dalam yang sejajar dengan gonjong atapnya.

Secara umum, desain rumah gadang yang unik dan bermakna tersebut berdasarkan pembagian dari sistem kelarasan suku Koto Piliang dan Bodi Caniago.

Koto Piliang menetapkan ciri khas rumah gadang dengan anjungan di bagian kiri bangungan, sebagai tempat terhormat yang ditinggikan dari permukaan lantai.

Sementata Bodi Caniago, menyamaratakan permukaan lantai tanpa adanya anjungan yang mana halaman depan dibuat terbuka untuk langsungkan acara kekerabatan.

Bodi Caniago juga membuat sebuah Rangkiang, berbentuk bujur sangkar dan beratap ijuk di halaman yang jaman dulunya difungsikan sebagai tempat penyimpanan padi.

https://sumbarprov.go.id/home/news/9402-rumah-adat-provinsi-sumatera-barat-rumah-gadang-

Makna Atap Rumah Gadang Bergonjong

Dalam cerita adat yang turun temurun disampaikan dari mulut ke mulut, pemaknaan atap rumah gadang yang bergonjong ini didasarkan pada bentuk tanduk kerbau.

Dulunya, kegiatan adu kerbau sering dilakukan oleh warga Minangkabau untuk menghindari perperangan dan pertumpahan darah dengan suku Jawa.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini