Kisah Mistis Danau Singkarak Solok, Konon Minta Tumbal di Hari Jumat jika...

×

Kisah Mistis Danau Singkarak Solok, Konon Minta Tumbal di Hari Jumat jika...

Bagikan berita
Danau Singkarak. (Foto: istimewa)
Danau Singkarak. (Foto: istimewa)

Meskipun 2 misteri dan hal mistis di atas sulit dipercaya, tapi masih ada warga yang  menganggap hal tersebut memang bagian dari masa lalu.

Cek Fakta Danau Singkarak Minta Tumbal

Ada pula cerita yang beredar, menyebut bahwa pertambahan luas Danau Singkarak di Kabupatan Solok karena adanya memakan korban setiap tahun ini.

Padahal, Ahli Geolog Sumatera Barat, Dian Hadiyansyah menjelaskan bahwa perluasan Danau Singkarak karena proses alam akibat patahan lempeng.

"Danau itu makin lama makin luas karena terbentuk akibat patahan lempengan," kata Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Pengurus Daerah Sumatera Barat, Dian Hadiyansyah, saat melakukan FGD di Batusangkar, Sumbar, yang dikutip dari Antara.

"Itu adalah proses geologi yang biasa karena terbentuknya dari patahan, proses perubahan tersebut tidak cepat. dalam puluhan tahun bergerak hanya berapa sentimeter saja. Tidak memberi dampak negatif," jelasnya.

Hingga artikel ini dipublikasikan pada 30 Desember 2022, misteri dan mistis yang dikhawatirkan masyarakat sekitar tidak terbukti secara ilmiah.

Akibatnya, cerita rakyat dari mulut ke mulut itu hanya menjadi legenda dan bagian proses pembentukan Danau Singkarak dari cekungan Sesar Sumatera tersebut. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini