Korban Pelecehan Oknum Dosen UNAND Mencapai 8 Orang, Nurani Perempuan: Ada yang Diperkosa

×

Korban Pelecehan Oknum Dosen UNAND Mencapai 8 Orang, Nurani Perempuan: Ada yang Diperkosa

Bagikan berita
Ilustrasi pelecehan seksual. (Foto: Kompas)
Ilustrasi pelecehan seksual. (Foto: Kompas)

"KC juga menawarkan untuk membantu biaya kuliah korban dan mengajak korban untuk pergi jalan-jalan lain waktu," lanjut akun InfoUNAND.

Saat itu, tiba-tiba KC memberikan solusi agar korban bisa diizinkan untuk tidak menghadiri perkuliahan tersebut dan meminta ia meminta korban untuk membuat surat perizinan.

"Namun, KC tiba-tiba meminta syarat yang tidak senonoh dengan meminta mencium korban," lanjutnya.

Oknum Dosen Dinonaktifkan

Universitas Andalas menyatakan bahwa oknum dosen yang diduga melakukan pelecehan seksual terhadap mahasiswinya telah dinonaktifkan.

Hal tersebut dituangkan dalam keterangan resmi pihak kampus terbesar di Sumatera Barat tersebut pada Rabu 21 Desember 2022.

"UNAND menonaktifkan terlapor selama dalam proses pemeriksaan atau investigasi kasus ini," tulis Humas Unand dalam keterangan resmi yang diterima Halonusa.com.

Semenetara itu, Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) UNAND menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan beberapa proses.

"Pertama kasus sudah ditangani oleh satgas PPKS UNAND sejak bulan Oktober 2022 lalu," kata Ketua Satgas PPKS UNAND, Rika Susanti.

Ia mengatakan bahwa hal kedua menyatakan bahwa penanganan kasus sudah berjalan sesuai dengan Peraturan Sekretaris Jendral (Persekjen) nomor 17 tahun 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Permendikbud No 30 tahun 2021 terkait pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi.

"Prinsip kerahasiaan dan kehati-hatian dalam penanganan kasus sangat dijaga oleh Satgas PPKS UNAND dalam rangka mengumpulkan bukti-bukti," lanjutnya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini