Apakah Bandwidth Penting untuk Web Bisnis? Inilah Penjelasannya!

×

Apakah Bandwidth Penting untuk Web Bisnis? Inilah Penjelasannya!

Bagikan berita
Apakah Bandwidth Penting untuk Web Bisnis? Inilah Penjelasannya! (Foto: Freepik)
Apakah Bandwidth Penting untuk Web Bisnis? Inilah Penjelasannya! (Foto: Freepik)

Kebanyakan pembagian tidak dilakukan dengan adil, umumnya lalu lintas download memiliki porsi lebih besar daripada upload. Hal ini mengacu pada penggunaan internet, yang tercetus dari kebanyakan pengguna, sedangkan sistem bandwidth adalah teknologi yang membagi kecepatan tersebut.

3. Memberi Batasan Speed Rate Bagi Setiap Pengguna

Bagi penggunaan internet yang ada pada sistem website, speed rate bagi tiap pengguna harus ada batasan yang jelas dan signifikan. Perbedaannya juga harus berdasarkan skala prioritas dari kebutuhan atau penggunaan internet tiap periodenya.

Untuk website, kebanyakan kecepatan harus berfokus pada transfer hosting atau server. Lalu, untuk beberapa fitur utama atau beberapa pengguna tertentu juga harus ada aturan yang berbeda. Harapannya adalah sistem berjalan sesuai dengan yang semestinya.

Jika sistem mampu berjalan dengan semestinya, maka web bisnis kamu pun mampu memberikan pengalaman yang baik bagi pengunjung website. Sehingga, trafik tinggi pun akan lebih mudah kamu dapatkan.

Contoh Bandwidth di Sekitarmu

Secara teknis, bandwidth adalah kecepatan maksimum yang terbagi dalam dua jenis, yaitu analog dan juga digital. Untuk beberapa contoh penggunaan teknologi bandwidth pada komputer dan hosting menggunakan jenis digital, sedangkan untuk jenis analog berada pada teknologi VPS. Berikut beberapa contohnya:

1. Contoh pada Komputer

Secara teori, transfer rate pada komputer tergantung pada internet yang kamu gunakan, baik melalui LAN, WAN, maupun WIFI menggunakan versi digital. Kamu bisa cek paket internet pada provider yang kamu gunakan, misal kamu menggunakan 30 mbps, maka itulah kecepatan internet yang akan kamu gunakan.

2. Contoh pada Hosting

Kecepatan internet pada hosting biasanya tertera pada paket hosting yang kamu pilih, penyedia jasa biasanya menyediakan beberapa paket dengan pilihan kecepatan yang berbeda. Contohnya seperti Niagahoster yang menyediakan bandwidth unlimited untuk tiap paket yang ditawarkan untukmu.

3. Contoh pada VPS

Contoh terakhir dari bandwidth adalah kecepatan yang ada pada VPS, yang umumnya menggunakan jenis analog. Sama dengan hosting, kamu bisa menemukan kecepatan VPS pada paket yang kamu pilih. Bedanya, detail keterangannya biasanya berupa CPU : Xx Ghz.

Sudah Paham Pentingnya Bandwidth Bagi Web Bisnis?

Dari penjelasan tersebut, dapat kamu simpulkan bahwa bandwidth adalah hal yang sangat berpengaruh pada pengembangan web bisnis yang kini kamu kelola. Karena semakin besar kecepatan paket hosting maupun VPS yang kamu gunakan, maka akan semakin lancar dan cepat transfer rate dari web tersebut. (*)

Sumber:

    Editor : Redaksi
    Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini