Silang Pendapat Pendiri dan Bakal Calon Ketua IJTI Sumbar Soal Masa Jabatan Ketua

×

Silang Pendapat Pendiri dan Bakal Calon Ketua IJTI Sumbar Soal Masa Jabatan Ketua

Bagikan berita
Dari kiri ke kanan: Jurnalis TV One Sumbar, Wahyudi Agus dan Pemimpin Redaksi TV One, Karni Ilyas. (Foto: Dok. Pribadi)
Dari kiri ke kanan: Jurnalis TV One Sumbar, Wahyudi Agus dan Pemimpin Redaksi TV One, Karni Ilyas. (Foto: Dok. Pribadi)

"Saya meyakini rekan-rekan kami mungkin belum membaca dan memahami, atau bisa saja karena dorongan semangat yang tinggi untuk memeriahkan Musda kali ini," katanya.

Kak Yud juga menyinggung adanya oknum anggota yang hingga saat ini bergabung atau berafiliasi dengan organisasi yang sama.

Dalam AD/ART IJTI juga diatur bahwa anggota OJTI tidak dibenarkan menjadi anggota organisasi profesi yang sama.

"Misalnya, saya jika sudah menjadi anggota IJTI maka tidak dibenarkan menjadi anggota organisasi wartawan lainnya seperti PWI, AJI dan PFI. Namun jika selama ini juga tergabung dalam organisai lain maka wajib untuk mengundurkan diri dari organisasi tersebut," katanya.

Di dalam ART IJTI bab II tentang keanggotaan pada pasal 3 Ketentuan Umum ayat 5 berbunyi, tidak menjadi anggota organisasi profesi jurnalistik lainnya di Indonesia.

"Kemudian, masih dalam bab dan pasal yang sama tentang aturan keanggotaan, jelas dibunyikan siapa saja yang bisa menjadi anggota IJTi dari media televisi. Bukan berarti siapa saja yang bekerja pada media televisi bisa menjadi anggota IJTI jika rutinitasnya tidak berhubungan dengan aktifitas jurnalistik," kata Kak Yoed.

Kemudian, sambung Yudi, pada bab II pasal 3 ayat 4, yang dimaksud dengan anggota adalah insan Jurnalis televisi yang melakukan tugas-tugas jurnalistik, yaitu reporter, kameramen, video editor, presenter, program director, yang bekerja pada bagian pemberitaan di stasiun televisi dan saluran lain yang tersedia dan yang menyelenggarakan aktivitas jurnalistik secara profesional sesuai standar-standar jurnalistik dan kode etik jurnalistik (KEJ).

"Intinya, syarat mutlak untuk menjadi anggota IJTI adalah rekan-rekan yang kesehariannya berada di dapur redaksi sebuah media televisi. Maka dari itu mari pahami AD/ART ini jika memang ingin menjadikan IJTI Sumbar lebih baik ke depannya. Kalau sudah AD/ART yang diganggu, saya tak akan diam," tuturnya.

Baca juga: Ini Profil Bakal Calon Ketua IJTI Sumbar 4 Tahun ke Depan

Terpisah, Ketua IJTI Sumbar, John Nedy Kambang, menyebut bahwa hingga saat ini dirinya belum pernah terfikirkan untuk maju lagi.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini