Tambah Pusat Riset yang Fokus ke Kesehatan dan Pangan, Rektor Unand Sebut Bisa Tingkatkan Kinerja

×

Tambah Pusat Riset yang Fokus ke Kesehatan dan Pangan, Rektor Unand Sebut Bisa Tingkatkan Kinerja

Bagikan berita
Rektor Universitas Andalas, Yuliandri. (Foto: Dok. Muhammad Aidil)
Rektor Universitas Andalas, Yuliandri. (Foto: Dok. Muhammad Aidil)

HALONUSA.COM - Usai berstatus Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), Universitas Andalas (Unand) terus melakukan sejumlah inovasi, salah satunya menambah pusat riset.

Rektor Unand, Yuliandri mengatakan, sebagai Universitas yang berstatus PTN-BH, pihaknya dituntut menghasilkan produk yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Dalam perencanaan kami, capaian kami untuk riset memang ada bidang tertentu yang kami fokuskan, seperti kesehatan, pangan dan penelitian lainnya," katanya, Kamis (2/6/2022).

Yuliandri tidak menampik bahwa dengan dukungan yang ada seperti sekarang, pihaknya semakin bisa meningkatkan kinerja dalam penelitian.

Selain itu, katanya, pihaknya saat ini tidak hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang hanya terbatas kepada rupiah murni.

"Karena kami diberikan ruang untuk melakukan otonomi terutama akademik atau non-akademik, termasuk untuk mendatangkan (pendapatan) itu," katanya.

https://halonusa.com/unand-ingin-capai-prestasi-masuk-500-universitas-terbaik-di-dunia-usai-berstatus-ptn-bh/

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Direktorat Jenderal (Ditjen) Riset dan Teknologi (Ristek) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ristek, Mohammad Sofwan Effendi mengatakan, pusat riset yang dibangun bisa menghasilkan produk yang dihilirisasi dan diakui secara internasional.

"Pusat (riset) ini tidak berhenti dipublikasi saja, akan tetapi langsung menjadi produk apa yang diinginkan masyarakat, sehingga dengan adanya pusat riset mumpuni, kami akan penuhi juga sarana prasarananya sebesar Rp140 miliar, khusus untuk alatnya," ucapnya.

Sofwan mengatakan, pusat riset yang dibangun juga harus diperkuat dengan peralatan laboratorium. Karena, di samping gedung yang memadai, peralatan yang tersedia juga bisa mendukung para periset aktif berinovasi untuk menghasilkan karya terbaik.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini