Kini Ancol tengah menyiapkan transformasi digital ke tahap selanjutnya yaitu Smart & Green Theme Park pertama di Indonesia. Menjalin kolaborasi bersama dengan Telkomsel.
"Sebagai perusahaan pengelola kawasan wisata terbesar dan terpadu di Indonesia, kami terus berinovasi dalam pengembangan produk dan layanan. Setelah menerapkan digitalisasi dalam ticketing online dan meluncurkan Ancol Apps," kata Wing Antariksa, Direktur Transformation & Business Development PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.
Penerapan IOT dan electric vehicle sebagai pengalaman baru dalam industri rekreasi dan pariwisata.
Wing Antariksa berharap kolaborasi dengan Telkomsel dapat menaikkan interaksi antara Ancol dengan pengunjung melalui saluran digital terkini.
Pada tahun ini, Ancol menargetkan jumlah kunjungan naik 57 persen atau di angka 5,5 juta pengunjung.
Skenario Implementasi Kerja Telkomsel dan Ancol
Sebagai tahap awal, Telkomsel akan mengembangkan aspek Customer Experience pada destinasi wisata Ancol dengan implementasi Smart Utility, Smart Lighting, Electric Vehicle. Autonomous Bus, hingga Integrated Smart Dashboard.Kemudian sebagai use case pada aspek Digital Engagement dan Single Customer View di destinasi wisata Ancol, Telkomsel akan mengembangkan Customer Engagement Platform.
Kemudian berencana menerapkan use case RFID dan Computer Vision untuk digitalisasi Visitor Tracking dan Crowd Management. Selanjutnya mengimplementasikan Officeless Operation System dengan kapabilitas Low Code Platform.
Penerapan Smart & Green Theme Park Taman Impian Jaya Ancol tentu akan melengkapi portfolio penerapan digitalisasi oleh Telkomsel di destinasi wisata, kawasan bisnis, sektor industri, dan smart city. (*)
Editor : Redaksi