Ada 12 'Kartini' dari Faterna Unand Bikin Ini dalam Waktu Singkat, Siapa Saja?

×

Ada 12 'Kartini' dari Faterna Unand Bikin Ini dalam Waktu Singkat, Siapa Saja?

Bagikan berita
Guru besar wanita asal Faterna Unand menerbitkan sebuah buku bertepatan dengan Hari Kartini. (Foto: Dok. Humas Unand)
Guru besar wanita asal Faterna Unand menerbitkan sebuah buku bertepatan dengan Hari Kartini. (Foto: Dok. Humas Unand)

HALONUSA.COM - Sebanyak 12 guru besar atau profesor perempuan asal Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Andalas (Unand) sukses menerbitkan sebuah buku dalam waktu relatif singkat, dua bulan.

12 profesor itu, di antaranya, Arnim, Zaituni Udin, Fauzia Agustin, Mardiati Zain, Wizna, Mirnawati, Husmaini, Maria Endo Mahata, Nuraini, Yetti Marlida, Endang Purwati, dan Salam N Aritonang.

Perwakilan tim penulis buku, Maria Endo Mahata mengatakan, ide tersebut muncul dari pemikiran bersama para guru besar wanita Faterna Unand.

"Sebagai wanita intelektual apa yang bisa kami perbuat? tentunya kita punya karya-karya tulisan, pemikiran dan hasil-hasil penelitian yang bisa kita satukan dan dibaca serta dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas," katanya, Kamis (21/4/2022).

Peluncuran buku tersebut, katanya bertepatan dengan Hari Kartini sebagai momentum melahirkan karya dari para guru besar di Faterna Unand.

Buku tersebut berisi hasil penelitian yang terdiri dari bidang ruminansia, ternak unggas, teknologi dan indutri pakan serta bioteknologi hasil ternak.

"Proses pengerjaan bukunya cukup singkat yaitu selama dua bulan karena tekad, semangat serta kekompakan dari para guru besar sehingga lahirnya karya dari 12 guru besar ini dalam sebuah buku," katanya.

Baca juga: 10 Jurusan Sepi Peminat SNMPTN di Unand, Ada Sastra Minangkabau

Baca juga: Aturan Baru Mudik, Pengamat Transportasi: Aturan Wajib Booster Susah Diimplementasikan Pada Transpotasi Darat

Sementara itu, Rektor Unand, Yuliandri mengatakan, buku tersebut menggambarkan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para guru besar wanita Faterna sebagai salah satu bentuk kinerja para guru besar wanita yang memiliki faktor dampak untuk menunjang pembangunan peternakan di Indonesia.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini