Sejarah Cagar Budaya Jembatan Kereta Api Padang Panjang di Kota Padang Panjang

×

Sejarah Cagar Budaya Jembatan Kereta Api Padang Panjang di Kota Padang Panjang

Bagikan berita
Sejarah Cagar Budaya Jembatan Kereta Api Padang Panjang di Kota Padang Panjang (FOTO: BPCB Sumbar)|Sejarah Cagar Budaya Jembatan Kereta Api Padang Panjang di Kota Padang Panjang (FOTO: BPCB Sumbar,Geheugen van Nederland, tahun 1892)
Sejarah Cagar Budaya Jembatan Kereta Api Padang Panjang di Kota Padang Panjang (FOTO: BPCB Sumbar)|Sejarah Cagar Budaya Jembatan Kereta Api Padang Panjang di Kota Padang Panjang (FOTO: BPCB Sumbar,Geheugen van Nederland, tahun 1892)

Pembangunan jembatan kereta api pada prinsipnya merupakan pendukungan jalur kereta api Padang-Solok-Sawahlunto.

[caption id="attachment_21432" align="aligncenter" width="600"]Sejarah Cagar Budaya Jembatan Kereta Api Padang Panjang di Kota Padang Panjang (FOTO: BPCB Sumbar,Geheugen van Nederland, tahun 1892) Sejarah Cagar Budaya Jembatan Kereta Api Padang Panjang di Kota Padang Panjang (FOTO: BPCB Sumbar,Geheugen van Nederland, tahun 1892)[/caption]

Diperkirakan jembatan ini dibangun sejalan dengan pembangunan stasiun kereta api Padang Panjang-Solok, Padang Panjang - Solok 53 Km yang kemudian selesai pada 1 Juli 1892.

Deskripsi Arkeologis

Jembatan ini melintasi jalur Lembah Anai dengan kontur berbukit, melintasi sungai dan berbelok-belok.

Berdasarkan keletakannya, jalur rel berada pada lintas Padang-Padang Panjang-Solok.

Jembatan ini menghubungkan antar bukit serta melintasi sungai di Batang Anai dan jembatan ini secara keseluruhan berkontruksi baja (logam).

Bangunan jembatan pada bagian bawah berbentuk setengah lingkaran sebagai penampang.

Jembatan memiliki panjang 85 m, tinggi 14,75 m serta lebar 5 m (pada bagian bawah).

Fungsi

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini