Wajib Tahu, 12 Pahlawan Asal Sumatera Utara

×

Wajib Tahu, 12 Pahlawan Asal Sumatera Utara

Bagikan berita
Pahlawan asal Sumatera Utara
Pahlawan asal Sumatera Utara

2. T. Amir Hamzah

Tengkoe Amir Hamzah Pangeran Indra Poetera, atau lebih dikenal hanya dengan nama pena Amir Hamzah lahir di Tanjung Pura, Langkat, Sumatera Timur, Hindia Belanda, 28 Februari 1911.

Ia merupakan sastrawan Indonesia angkatan Poedjangga Baroe dan sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia. Lahir dari keluarga bangsawan Melayu Kesultanan Langkat di Sumatera Utara.

Amir Hamzah meninggal di Kwala Begumit, Binjai, Langkat, Indonesia, 20 Maret 1946. Pada tahun 1975 ia dinyatakan sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia oleh Presiden Suharto.

3. Sisingamangaraja XII

Sisingamangaraja XII dengan nama lengkap Patuan Bosar Ompu Pulo Batu Sinambela lahir di Bakara, 18 Februari 1845. Ia merupakan seorang raja di negeri Toba, Sumatera Utara. Sisingamangaraja XII meninggal di Dairi, 17 Juni 1907, dan diangkat sebagai pahlawan nasional Indonesia pada 9 November 1961 oleh Presiden Soekarno.

4. H. Adam Malik Batubara

H. Adam Malik Batubara lahir di Pematangsiantar, Sumatra Utara, 22 Juli 1917. Ia merupakan Wakil Presiden ketiga Indonesia.

H. Adam Malik Batubara meninggal di Bandung, Jawa Barat, 5 September 1984, dan ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 6 November 1998.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini