Pengenalan Sains di Rumah pada Anak Usia Dini dalam Masa Pandemi

×

Pengenalan Sains di Rumah pada Anak Usia Dini dalam Masa Pandemi

Bagikan berita
Sri Wahyunengsi,S.Pd, Guru TK Kartika 1-63 Air Tawar Padang, Kota Padang, Sumatera Barat
Sri Wahyunengsi,S.Pd, Guru TK Kartika 1-63 Air Tawar Padang, Kota Padang, Sumatera Barat

Alat dan bahan yang diperlukan juga tidak terlalu rumit orang tua dapat memanfaatkan barang-barang yang ada seperti contohnya dalam kegiatan sains tentang perkembangbiakan binatang air seperti ikan. Orang tua dapat menggunakan ikan yang sebelumnya yang ingin ia masak untuk digunakannya sebentar untuk pembelajaran anak.

Dari aktivitas mengamati ikan anak dapat mengidentifikasi apa itu ikan? Bagaimana ikan bisa berenang? apa saja makanan ikan? anak juga mengetahui bagaimana cara perkembangbiakan ikan? dan anak menjelaskan apa fungsi organ ikan. Orang tua dapat menanyakan pertanyaan penting yang mendorong anak untuk bertanya. Di sana lah anak mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diutarakan oleh orang tua.

Penting juga untuk mengajukan pertanyaan yang dapat mengeluarkan ide-ide anak dan mendengarkan jawaban dari anak. Dengan jawaban-jawaban anak tersebut orang tua dapat memberikan penguatan dari setiap apa yang diutarakannya.

Dari pembelajaran sains di rumah orang tua memberikan pengalaman belajar yang aman, nyaman dan menarik sehingga, rumah dijadikan salah satu tempat yang tepat bagi orang tua untuk memulai pembelajaran sains awal bersama anak. (*)

Laporan:

Artikel ini ditulis oleh Sri Wahyunengsi,S.Pd.

Guru TK Kartika 1-63 Air Tawar Padang, Kota Padang, Sumatera Barat

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini