Apa Itu Pasar Modal? Simak Penjelasan Arti, Peran dan Manfaatnya

×

Apa Itu Pasar Modal? Simak Penjelasan Arti, Peran dan Manfaatnya

Bagikan berita
Ilustrasi Pasar Modal. | Foto: pixabay
Ilustrasi Pasar Modal. | Foto: pixabay

Untuk mendapat jawaban atas pertanyaan ini, kamu perlu terlebih dahulu mengetahui pengertian dari pasar modal itu sendiri, fungsi serta peranannya dalam upaya meningkatkan kondisi ekonomi sebuah negara.

Baca juga: Investor Ramai Borong Obligasi RI Tenor 5, Ini Pemicunya

Arti Pasar Modal

Pasar Modal adalah kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Pasar Modal menyediakan berbagai alternatif investasi bagi para investor selain alternatif investasi lainnya seperti: menabung di bank, membeli emas, asuransi, tanah dan bangunan, dan sebagainya.

Pasar Modal bertindak sebagai penghubung antara para investor dengan perusahaan ataupun institusi pemerintah melalui perdagangan instrumen keuangan jangka panjang seperti Obligasi, Saham dan lainnya.

Baca juga: 5 Saham yang Paling Banyak Dibuang Asing Selama Oktober 2020

Peran dan Manfaat Pasar Modal

1. Pasar Modal merupakan wahana pengalokasian dana secara efisien.

Investor dapat melakukan investasi pada beberapa perusahaan melalui pembelian efek-efek yang baru ditawarkan ataupun yang diperdagangkan di Pasar Modal.

Sebaliknya, perusahaan dapat memperoleh dana yang dibutuhkan dengan menawarkan instrumen keuangan jangka panjang melalui Pasar Modal tersebut.

2. Pasar Modal sebagai alternatif investasi

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini